Wagub Sumbar Dukung Budidaya Tanaman Toga di Pekarangan Rumah

"Obat tradisional ini dinilai bisa membantu menjaga kesehatan masyarakat"
Ilustrasi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Nasrul Abit mendukung budidaya Tanaman Obat Keluarga (Toga) di masing-masing tingkat rumah tangga, untuk menjaga kesehatan keluarga.

"Ini merupakan upaya penanganan gangguan kesehatan sebelum pasien ke rumah sakit. Apabila tanaman obat ditanam perorangan di pekarangan rumahnya, ini dapat menjadi obat bagi dirinya dan keluarganya," kata Nasrul Abit usai bertemu tim penilai dari Kementerian Kesehatan di ruang kerjanya, Kamis 12 Oktober 2017.

Dikatakannya, apabila tanaman obat itu ditanam bersama-sama mulai dari tingkat RT, RW, maka akan membantu menjaga kesehatan masyarakat.

"Ini dapat menjadi solusi untuk kesehatan. Seperti hal nya menanam tanaman hortikultra yang tengah digencarkan pemerintah kepada masyarakat memanfaatkan pekarangannya untuk ditanami tanaman yang memiliki manfaat," ungkapnya.

Sebagai contohnya, kata Wagub penerapan tanaman obat keluarga, seperti Kumis Kucing sangat berguna untuk penderita diabetes.

"Jadi, tanaman Kumis Kucing ini dapat mengobati penderita diabetes," jelasnya.

Tidak hanya tanaman obat keluarga, teknik pengobatan Akupresur juga sangat bermanfaat dalam mengobati atau menangani rasa sakit. Akupresur adalah pengobatan alternatif dengan cara memijat, bisa berupa menarik, menekan, menggosok, mengetuk, menepuk, mencubit, meregangkan.

"Beberapa orang percaya akupresur lebih baik dalam hal keselamatan. Akupresur sangat cocok bagi orang-orang yang berada di bawah banyak tekanan atau stress," katanya.

[Joni Abdul Kasir]