Dalam Satu Hari, Sampah di Pantai Padang Terkumpul 80 Ton

"Pembersihan ini menggunakan sebuah mesin pengeruk (eskavator) serta 20 truk pengangkut "
Pembersihan Sampah di Pantai Padang (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota Padang tengah berupaya membersihkan kawasan wisata Pantai Padang dari sampah yang hanyut di bagian bibir pantai sejak Selasa, 10 Oktober lalu.

Pembersihan ini menggunakan sebuah mesin pengeruk (eskavator) serta 20 truk pengangkut bantuan dari 4 perusahaan BUMN di Sumatera Barat.

"Pembersihan sudah dimulai hari kemarin, dan akan terus dilakukan sampai kawasan pantai benar-benar bersih dari sampah," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang, Medi Iswandi.

Ia mengatakan, sampah-sampah di bibir pantai tersebut mencapai 80 ton. Hal itu dihitung dari kapasitas truk.

"Satu truk kapasitasnya 4 ton, jika ada 20 truk jadi jumlahnya 80 ton. Dan tidak ada truk yang mengangkut sampah lebih sedikit selama pembersihan," jelasnya.

Menurut dia, sampah yang terkumpul di pantai itu merupakan sampah masyarakat yang bermukim di bagian hulu dan sepanjang aliran sungai Banda Bakali.

"Jadi saat hujan deras dan debit air tinggi, sampah-sampah itu terbawa dan menumpuk di bibir pantai. Berarti masih ada yang belum beres soal pembuangan sampah masyarakat ini hingga mengotori pantai," ucap Medi.

Dengan fenomena yang kerap berulang ini, Medi berharap agar masyarakat bisa lebih menjaga kebersihan lingkungan dan menata sistem pembuangan sampah.

"Jangan asal buang, apalagi dekat got yang terhubung ke sungai," pungkas dia.(*)