Begini Desain Baru Surat Suara untuk Pilkada Padang

"Semua teknis tersebut kata dia akan melibatkan pengawas pemilu (Panwaslu)"
Desaign Baru Surat Suara (KLIKPOSITIF/Cecep Jambak)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Komisioner Divisi Teknis, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang, Chandra Eka Putra menyebut, terkait pembuatan surat surat untuk Pilkada Padang, pihaknya telah mengikuti bimbingan teknis.

"Usai bimtek, kami gelar sosialisasi di internal dulu. Karena memang saat ini jadwal sedang padat dengan persiapan verifikasi," katanya.

Usai sosialisasi internal, Chandra mengaku akan melakukan sosialisasi pada tingkat parpol. Semua teknis tersebut kata dia akan melibatkan pengawas pemilu (Panwaslu).

Sedikit bocoran, surat suara berbentuk selembar. Untuk penempatan foto calon akan disesuaikan secara teknis.

"Satu lembar, teknis tinggal lagi mengikuti pasangan calon kemudian memberikan fotonya lagi, lalu dimasukkan ke aplikasi," sebut dia.

Untuk latar belakang surat suara, kertas yakni kibaran bendera merah putih. Untuk itu, dia menekankan pada pasangan calon untuk memberikan foto yang dapat berpadu dengan dasar foto tersebut. "Dasarnya merah putih," ujarnya.

Biasanya, surat suara akan selesai dan didistribusikan 30 hari jelang pilakda dimulai. Untuk itu sebaiknya pasangan menyerahkan foto jauh hari sebelum penetapan itu.

"Kalau bisa April atau Mei sudah menyerahkan foto," ungkapnya.

[Cecep Jambak]