Koperasi Wanita dari Kalsel Belajar ke IWAPI Payakumbuh

"Anggota koperasi IWAPI Payakumbuh mencapai 300 anggota yangterdiri dari PKL perempuan atau pengusaha kecil perempuan."
Ketua Koperasi IWAPI Payakumbuh Erilia Bonita (kanan) bersama Ketua GOW Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan (KLIKPOSITIF/Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF - Koperasi Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Payakumbuh kembali mendapatkan kunjungan dari Koperasi Teratai Putih Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, Jumat 13 Oktober 2017.

IWAPI Payakumbuh dinilai telah memberikan dampak positif tidak hanya kepada anggota IWAPI, tapi juga kepada Pedagang Kaki Lima (PKL) wanita di Kota Payakumbuh.

Wakil Ketua IWAPI Bidang Sekretariat Erilia Bonita yang juga Ketua Koperasi IWAPI Payakumbuh mengatakan saat ini anggota IWAPI Payakumbuh berjumlah 80 anggota. Namun untuk anggota koperasi, anggotanya mencapai sekitar 300 anggota yang melibatkan PKL perempuan atau pengusaha kecil perempuan yang ada di Payakumbuh.

 "Di sini Koperasi memberikan bantuan modal dengan sistem kepercayaan atau tidak pernah pakai agunan," kata Bonita saat menyambut kedatangan rombongan dari Koperasi Teratai Putih Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan.

Ia menjelaskan koperasi IWAPI banyak memberikan manfaat kepada anggotanya. Tidak hanya bagi anggota IWAPI, anggota koperasi ini juga berasal dari wanita pengusaha kecil dan PKL wanita yang ingin bergabung dengan Koperasi IWAPI Payakumbuh.

"Keuntungan bagi anggota koperasi  yaitu promosi produk yang tiap tahun kami bawa keluar kota Produk ini merupakan hasil dari anggota koperasi. Sehingga koperasi juga sebagai wadah promosi bagi anggota untuk memasarkan produknya," ujar Bonita.

Hal inilah yang mendorong Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan berkunjung ke Payakumbuh. Zaitun Ardiyansyah, Ketua GOW Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan mengatakan kedatangan rombongan bertujuan untuk meningkatkan wawasan tentang perkoperasian wanita.

"Kami menilai bahwa Koperasi IWAPI Payakumbuh memiliki kelebihan, selain memiliki usaha simpan pinjam, juga mengkoordinir PKL wanita. Informasi ini tentunya juga kami dapatkan dari IWAPI Pusat ... Baca halaman selanjutnya