Tiga Hari Jelang Penutupan Pendaftaran, Baru Dua Parpol Mendaftar ke KPU Payakumbuh

"Kedua partai ini adalah Perindo dan Nasdem. Nasdem baru menyerahkan berkas-berkasnya hari ini."
Partai Nasdem menjadi parpol kedua yang mendaftar ke KPU Payakumbuh hingga Jumat 13 Oktober 2017 siang (KLIKPOSITIF/Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF - Tiga hari menjelang penutupan pendaftaran bagi Partai Politik Peserta Pemilu 2019, baru dua partai politik yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh.

Ketua KPU Payakumbuh Muhammad Khadafi mengatakan sejak pendaftaran dibuka pada 3 Oktober lalu, hingga hari ke-13 baru dua partai yang menyerahkan berkas. Kedua partai ini adalah Perindo dan Nasdem. Nasdem baru menyerahkan berkas-berkasnya hari ini.

"Kalau tidak memenuhi syarat, ini artinya telah melanggar UU No 7 tahun 2017 dan PKPU No 11 tahun 2017," ujar Khadafi saat ditemui KLIKPOSITIF Jumat 13 Oktober 2017.

Untuk teknis pendaftaran, KPU akan menerima pendaftaran dan penyerahan salinan KTA dan KTP/Surat Keterangan dari parpol. Kemudian pemeriksaan KTA dan KTP serta menerbitkan tanda bukti penerimaan.

"Kami mengimbau kepada parpol untuk dapat memanfaatkan Ruang HelpDesk yang telah disediakan KPU untuk konsultasi guna menghindari hal yang tidak kita inginkan di hari terakhir pendaftaran pada 16 Oktober 2017 nanti," kata Ketua KPU Payakumbuh.

Konsekuensinya, kata Khadafi, jika tidak terpenuhi UU No 7 tahun 2017 dan PKPU No 11 tahun 2017 maka parpol yang bersangkutan tidak bisa mengikuti pemilu tahun 2019 nanti. Sedangkan untuk proses verifikasi akan dilakukan setelah pendaftaran berakhir atau setelah tanggal 16 Oktober mendatang.

[Ade Suhendra]