Ini yang Dilakukan Tersangka Pembunuhan di Pessel Sebelum Membakar Korban

"Tersangka memperagakan 19 adegan dalam rekonstruksi tersebut"
Adegan rekonstruksi kasus pembunuhan di Pessel. (istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Rekonstruksi kasus pembunuhan tahun 2007 silam di Kampung Lubuk Begalung, Nagari Lakitan, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel)-Sumbar digelar polisi, Jumat (13/10) siang. Tersangka memperagakan 19 adegan dalam rekonstruksi tersebut

"Sebelum tersangka melakukan aksinya, dia sempat memastikan posisi korban dari suara korban, di depan rumah korban seperti, pada adegan satu, dua dan tiga," sebut Kapolsek Lengayang, AKP Arnanda Putra pada KLIKPOSTIF.

Menurutnya, dari sejumlah adegan yang diperagakan tersebut, tersangka pun sempat meminjam sepeda motor salah seorang saksi. Di saat meminjam sepada motor tersebut, tersangka mengambil bensin dan mengarah ke rumah korban.

"Saat itu tersangka ini mengambil satu jeriken bensin dan membawanya ke rumah korban seperti pada adegan lima, enam, tujuh, delapan dan sembilan," jelasnya.

Kemudian, tersangka sempat memanggil suami korban dengan cara membentak. Saat itu, korban bersama suami serta dengan dua orang temannya di dalam rumah. Lalu, menyirami rumah korban dengan bensin sampai mengarah ke tubuh korban hingga terbakar.

"Saat itu tersangka sempat terbakar pundaknya dan lari keluar seperti di adegan ke 10, 11, 12, 13, 14 dan 15," terangnya.

Dari rekonstruksi yang digelar sejak pukul 09.45 WIB hingga pukul 11.45 WIB, tersangka sempat keluar dari rumah korban dan kembali ke rumah salah satu saksi. Tersangka meminta persoalan tersebut untuk diselesaikan, tapi setelah itu malah melarikan diri hingga buron selama 10 tahun.

"Dari 19 adegan pembunuhan yang dilakukan tersangka itu, dirinya sempat melarikan diri selama sejak tahun 2007. Karena ada koordinasi yang kuat, akhirnya perbuatan pelaku bisa ditangkap," pungkasnya.

[Kiki Julnasri Priatama]