Pilkada Padang, Nasdem Buka Suara Soal Calon yang Diusung

"kehadiran Nasdem bukan hanya mendukung para kader, namun juga melihat kecocokan tokoh."
Partai Nasdem mendatangi KPU Padang untuk menyerahkan berkas administratif sebagai syarat mengikuti pemilu 2019 (KLIKPOSITIF/Cecep Jambak)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Padang semakin dekat, namun beberapa Partai Politik (Parpol) terkesan masih menahan diri. Salah satunya, Partai Nasional Demokrasi (Nasdem).

Untuk wilayah Sumbar sendiri partai yang dikomandoi Surya Paloh ini belum mempunyai sikap untuk maju mengusung kadernya, ataupun memilih akan berkoalisi dengan partai politik lainnya.

Ditemui di Kantor KPU Padang, Ketua DPW Nasdem Sumbar, M Malkan Amin mengakui, hingga kini Nasdem belum mengambil sikap mengusung kader untuk maju di Pilkada 2018.

Dia menyebutkan, kehadiran Nasdem bukan hanya mendukung para kader, namun juga melihat kecocokan tokoh.

"Slogan kita Indonesia memanggil. Orang luar yang bukan kader Nasdem boleh mencalonkan diri, atau boleh diusung oleh Nasdem. Selama persyaratan yang dibutuhkan Nasdem terpenuhi," ungkapnya, Jum'at 13 Oktober.

Saat KLIKPOSITIF menanyakan apakah Nasdem akan menjagokan petahana, dan telah melakukan komunikasi, dia mengatakan belum melakukan. Sebab, dia mengklaim, Nasdem lebih mengacu pada survei, namun tidak juga tertutup kemungkinan pada petahana.

"Belum (komunikasi, red). Nasdem selalu berorientasi dan acuan pada survei. Katakanlah incumben surveinya tertinggi. Padahal satu dan lain hal incumben tidak bisa kita dukung, ya, barangkali kita mendukung yang lain," tutupnya.

Hari ini, Nasdem sendiri mendatangi KPU Padang untuk menyerahkan berkas administratif sebagai syarat mengikuti pemilu 2019. Tampak hadir, Ketua Dewan Pertimbangan Nasdem, Syamsu Rahim, dan Ketua dewan Pakar Endre Saefoel. Kedatangan rombongan turut dihibur dengan kesenian Gandang Tasa. ( Cecep Jambak]