Rembuk Nasional Bidang 11, "Bangun Desa Desa Berbasis Wisata, Budaya, dan Ekonomi Kreatif"

" Salah satu strategi untuk membesarkan itu, pemprov terus menggaet kegiatan nasional ke Sumbar dan membahas tentang wisata."
Rembuk Nasional 2017 digelar di 16 perguruan tinggi di Indonesia, Unand sendiri menghelat Bidang Rembuk 11 (KLIKPOSITIF/Cecep Jambak)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Tiga tahun sudah era kepemimpinan Jokowi - Jusuf Kalla berjalan. Menelaah, serta mengindentifikasi capaian serta kekurangan era presiden Jokowi ini, pemerintah menggelar Rembuk Nasional 2017, bertempat di convention hall Universitas Andalas, Sabtu 14 Oktober 2017.

Rembuk Nasional 2017 digelar di 16 perguruan tinggi di Indonesia, Unand sendiri menghelat Bidang Rembuk 11, dengan mengusung tema 'Membangun Desa Berbasis Wisata, Budaya, dan Ekonomi Kreatif'

Ketua Bidang Rembuk 11, Irfan Wahid menyebut, ada 12 bidang rembuk yang secara estafet dilakukan. Khusus untuk Sumbar sendiri, katanya sangat cocok diangkat tentang wisata, karena Sumbar memiliki objek wisata unggulan, yang memang telah diakui.

"Bagaimana sekarang, terus ditingkatkan potensi tersebut di setiap desa. Bagaimana di desa wisata, juga ditingkatkan industri kecil dan UMKM, semuanya berkolaborasi, sehingga desa menjadi jauh lebih maju," ucapnya.

Ditegaskannya, semua hal tersebut terwujud tidak terlepas dari peran dan komitmen dari kepala daerah yang selalu mensuport itu. Nah, dengan adanya forum ini juga akan ada usulan untuk kepala daerah, untuk memajukan pariwisata.

"Kepala daerah harus mendorong masyarakatnya agar tumbuh, sehingga wisata ini akan naik dengan sendirinya. Kepala daerah juga memikirkan bagaimana caranya semua daerah tidak ada ketimpangan yang berhasil dan tidak berhasil," jelasnya.

Sementara itu Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menegaskan, memang program pemerintah provinsi dan kabupaten kota adalah mengangkat keindahan alam di Sumbar. Salah satu strategi untuk membesarkan itu, pemprov terus menggaet kegiatan nasional ke Sumbar dan membahas tentang wisata.

"Kita selalu bahas tentang wisata. Juga di hari pers nanti. Kita terus mendemokan rendang pada festival di luar negeri. Semoga dengan forum ini hasilnya dapat menjadi rujukan. Kita berharap ini dapat menjadikan solusi," ... Baca halaman selanjutnya