Faldo Maldini Bagikan Pengalaman Jadi Pengusaha pada Usia Muda

"Kerja hari ini harus untuk mengatasi masalah pada masa depan."
Faldo Maldini, pendiri Pulangkampuang.com dan direktur di 14 perusahaan Langgar Group, membagikan pengalamannya sebagai pengusaha kepada anggota Kopma UIN IB Padang di kampus tersebut, Sabtu (14/10). (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Faldo Maldini (27), direktur di 14 perusahaan Langgar Group, membagikan pengalamannya menjadi pengusaha pada usia muda. Hal itu disampaikannya kepada seratusan anggota Koperasi Mahasiswa (Kopma) Universitas Islam Negeri Imam Bonjol (UIN IB) Padang pada seminar kewirausahaan nasional yang digelar perguruan tinggi itu, Sabtu (14/10). 

Banyak orang, kata Faldo, bermimpi menjadi pengusaha karena memberikan penghasilan yang menjanjikan dan membuka berbagai kesempatan. Menurutnya, pada zaman teknologi informasi ini, peluang untuk anak muda berkarya dan menjadi pengusaha sangat terbuka. 

"Zaman sudah sangat berubah. Perkembangan dunia mengharuskan berbagai perusahaan dan institusi untuk memberi kesempatan bagi anak-anak muda. Kita punya kesempatan belajar dan bekerja lebih banyak. Tergantung kita ingin mengembangkan diri seperti apa," ujar pria yang memimpin Langgar Group sejak usia 25 tahun itu. 

Faldo mengajak anak muda Padang untuk benar-benar mempersiapkan diri menghadapi persaingan. Ia yakin mahasiswa Padang memiliki kemampuan untuk mendapatkan berbagai posisi strategis bukan hanya pada tingkat provinsi, melainkan juga pada tingkat nasional. 

"Kalau orang luar melihat kita, pasti mereka menilai orang Padang dan anak mudanya pintar-pintar. Jangan sampai gagal berkompetisi karena kita tidak tahu aturan main dan standar. Makanya, kami di Pulangkampuang.com memastikan teman-teman muda bisa berkompetisi sejajar dengan lulusan universitas kelas dunia," tutur Anggota Komite Pengembangan Bisnis dan Risiko PT Garuda Indonesia itu. 

Pulangkampuang.com, kata Faldo, telah membantu ratusan anak muda Sumatra Barat untuk menghadapi kompetisi pasar tenaga kerja. Komunitas besutannya itu memberikan pelatihan sebagai persiapan kompetensi dasar untuk mendapatkan pekerjaan yang bergengsi. Beberapa pelatihan tersebut, antara lain, wawancara kerja, penulisan daftar riwayat hidup, dan ... Baca halaman selanjutnya