Lakukan Hal Ini Jika Listrik di Rumah Anda Padam Terlalu Lama

Ilustrasi
Ilustrasi (lnews.co)

KLIKPOSITIF - Positifers, mungkin Anda kaget jika tiba-tiba listrik di rumah Anda padam. Padamnya listrik tidak begitu masalah jika beberapa saat kemudian hidup kembali, namun apa jadinya jika padamnya memakan waktu lama hingga berjam-jam?

Nah, lalu apa yang harus Anda lakukan jika listrik di rumah Anda padam terlalu lama? Padahal Berikut adalah langkah yang harus dilakukan:

1. Memastikan MCB dalam Keadaan On
Ada yang harus Anda ingat, bila listrik di rumah tiba–tiba mati yang ditandai dengan berubahnya posisi sakelar MCB dari “ON” ke “OFF”, diamkanlah beberapa saat untuk memberi waktu komponen di dalam MCB menjadi dingin dulu, kemudian cobalah untuk menyalakannya kembali.

Baca Juga

2. Memastikan Tidak Ada Alat Eletronik yang Terbakar
Jika listrik di rumah Anda padam, namun Anda lihat tetangga di sekitar Anda listrik rumah mereka menyala, maka bisa jadi itu disebabkan adanya alat eletronik yang rusak atau terbakar. Apalagi jika padam listrik itu disertai dengan bau kabel listrik yang terbakar. Jika sudah ditemukan, maka Anda bisa kembali menghidupkan listrik di rumah Anda dengan mengembalikan sakelar 'Off' pada MCB menjadi 'On'.

3. Melakukan Pengaduan di Aplikasi PLN Mobile
Untuk memudahkan pelanggan dalam mendapatkan informasi tentang sistem kelistrikan, PLN menghadirkan aplikasi PLN Mobile yang bisa didownload melalui aplikasi Google Play di ponsel pinter Anda masing-masing.

Nah, jika Anda sudah memiliki aplikasi ini, Anda bisa login dengan memasukkan ID pelanggan Anda, kemudian langsung melakukan pengaduan pada PLN hanya melalui ponsel Anda dengan memilih fitur pengaduan. Nantinya, pihak PLN akan memberikan respon atas apa yang Anda laporkan. Jadi Anda cukup melaporkan tentang listrik di rumah Anda yang padam setelah beberapa lama dengan aplikasi ini.

4. Menghubungi PLN Center 123
Nah, jika langkah di atas telah Anda lakukan namun listrik tetap tidak menyala, sebaiknya Anda menghubungi pihak PLN center menggunakan telepon genggam Anda. Anda bisa menghubungi PLN ke nomor 123. Namun agar Anda berhasil menghubungi pihak PLN Center ini, masukkan terlebih dahulu kode wilayah telepon Anda. Untuk di Padang, Anda bisa memasukkan kode wilayah 0751 dan kemudian masukkan nomor 123. Contoh: 0751123.

Baca Juga

Editor: Khadijah