Biro Humas Gandeng Pers Kampus Liput Kegiatan Pemerintahan

"Melalui interaksi itu, akan ada pembelajaran bagi adik-adik pers kampus dalam menambah wawasan tentang jurnalisme"
Penandatangan Nota Kesepahaman Pemrov Sumbar dan tiga Pers Kampus (Ist)

PADANG,KLIKPOSITIF --  Biro Humas Sekretariat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) merekrut 10 anggota pers kampus di 3 universitas di Kota Padang. Mereka berasal dari Suara Kampus( Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang), Ganto (Universitas Negeri Padang), dan Wawasan Proklamator (Universitas Bung Hatta). Perekrutan tersebut sebagai upaya mengoptimalkan fungsi meliput kegiatan pemerintahan.

“Mereka yang direkrut, nantinya bertugas meliput kegiatan Gubernur, Wakil Gubernur, Sekretaris Daerah, serta kegiatan pemerintahan lainnya. Hasil dari liputan diolah menjadi pers rilis untuk disebarkan pada media,” ungkap Kepala Biro Humas Sekretariat Provinsi Sumbar, Jasman Rizal dalam kegiatan penandatanganan nota kesepahaman perekrutan pers kampus mendukung liputan humas, di ruang rapat Setdaprov Sumbar, Jumat (20/10).

Menurut Jasman, perekrutan jurnalis muda dari kampus untuk mendukung kegiatan liputan humas, juga bagian dari literasi pada generasi muda. Jurnalis muda kampus yang akan berkecimpung melakukan peliputan setiap hari, akan bersentuhan langsung dengan rekan media yang rutin mengolah berita tentang pemerintahan Sumbar.

"Melalui interaksi itu, akan ada pembelajaran bagi adik-adik pers kampus dalam menambah wawasan tentang jurnalisme," terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor Universitas Bung Hatta Padang, Dr. Diana Kartika mengatakan, perekrutan jurnalis pers kampus merupakan kepercayaan, sekaligus kesempatan. Untuk itu, mereka yang terpilih memperkuat Humas Setdaprov Sumbar, harus menjalani tugasnya dengan serius. Pihak kampus, katanya akan memberikan kemudahan serta dispensasi kepada mahasiswa yang direkrut.

"Ini kesempatan untuk mereka menerapkan ilmunya di lapangan, sekaligus mendapat ilmu baru. Apalagi mereka memang konsen dengan jurnalistik, ternyata mendapat peluang sebagai petugas peliput. Mendapat kepercayaan sesuai dengan minat, ini yang harus disyukuri," ... Baca halaman selanjutnya