BMKG:Satu Titik Panas Terpantau, Cuaca Sumbar Mulai Normal

"untuk hari ini masih terpantau adanya satu titik panas di wilayah sumbar, yakni di Silaut, Pesisir Selatan."
Ilustrasi (pixabay)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Padang Pariaman, menyatakan hari ini masih terpantau satu titik panas di wilayah Sumatera Barat, dan untuk cuaca di provinsi itu sudah kembali normal.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG, Padang Pariaman, Budi Iman Samiaji, saat di hubungi KLIKPOSITIF dari Padang, Senin (30/10) mengatakan, untuk hari ini masih terpantau adanya satu titik panas di wilayah sumbar, yakni di Silaut, Pesisir Selatan.

"Titik panas tersebut dengan tingkat kepercayaan 73 persen, dari pantauan satelit, yang dimonitor dari BMKG. Jumlah itu jauh menurun dibanding beberapa hari terakhir yang rata-rata setiap harinya terpantau 15 titik panas di wilayah Sumbar," kata Budi.

Ia menambahkan, dari pantauan cuaca di Sumbar juga sudah mulai kembali normal dengan suhu maksimum rata-rata 32 derajat celcius di siang hari, dan untuk beberapa hari kedepan kemungkinan juga akan turun hujan karena sudah mulai adanya terbentuk awan-awan hujan di sekitar wilayah Sumbar.

Pihak terkait menjelaskan, awan hujan mulai tumbuh di wilayah Sumbar karena berkurangnya tekanan udara rendah dari arah utara, yang menyebabkan suhu di Sumbar dalam beberapa hari terakhir terasa begitu panas saat siang hari.

"Pola masa udara saat ini mulai tertarik ke utara, sehingga potensi turunnya hujan pada sore dan malam hari mulai terlihat," jelasnya.

Selain itu, BMKG juga menjelaskan bahwa memasuki November curah hujan juga akan terjadi peningkatan sesui dengan siklus musim hujan di wilayah itu. (*)