Produk UMKM Sumbar Sasar Pasar Internasional

"produk lokal di Sumbar, seperti kuliner dan kerajinan sudah dikenal oleh wisatawan mancanegara. Namun, untuk mendongkraknya itu perlu terobosan baru."
Ilustrasi (Net.)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sumatra Barat (Sumbar) dapat unggul dipasaran Asean hingga Internasional. Bahkan, UMKM Sumbar memiliki produk unggulan diantaranya bergerak dibidang kuliner dan kerajinan.

Hal tersebut dikatakan Wagub Sumbar Nasrul Abit, saat kegiatan penguatan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM).

"Produk di Sumbar jika dikelola dengan baik. Terutama meningkatkan kualitas produk. Serta, mengunakan teknologi dalam pemasarannya pasti bisa bersaing di pasaran Asean hingga Internasional," ujar Wagub Sumbar, Nasrul Abit saat kegiatan penguatan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) guna menunjang perkembangan UMKM Pariwisata dalam rangka memanfaatkan ekonomi Asean, Senin (30/10) di Auditorium Gubernur.

Dikatakannya, perlu kreatifitas bagi pelaku UMKM di Sumbar agar produk yang dibikin layak dijual. Sehingga, produk itu tidak sama dengan negara lain.

"Produk itu mesti beda. Jangan sampai sama dengan negara lain. Untuk itu, perlu kreatif bagi pelaku UMKM," katanya.

Apalagi kata Wagub, produk lokal di Sumbar, seperti kuliner dan kerajinan sudah dikenal oleh wisatawan mancanegara. Namun, untuk mendongkraknya itu perlu terobosan baru.

Untuk pemasaran, tutur Wagub, juga perlu pelaku UMKM menguasai teknologi, sebabab saat ini teknologi didunia juga terus berkembang, terutama pengunaan aplikasi dan media sosial sangat diperlukan untuk pemasaran produk. Jadi, produk tidak hanya dijual secara tradisional. Namun, juga dipasarkan dengan mengunakan teknologi.

"Sekarang kita dimudahkan apalagi ada aplikasi dan media sosial. Sehingga itu dapat dimanfaatkan untuk pemasaran produk. Jadi perlu untuk meningkatkan pengetahuan bagi pelaku UMKM untuk pemasaran ini," ulasnya.

Selain itu, Wagub juga menyinggung terkait tenaga kerja. Dimana, saat ini lulusan SMK yang langsung masuk ke dunia kerja perlu dipemberdayakan dalam hal ini. "Mereka memiliki ilmu untuk ini, sehingga ... Baca halaman selanjutnya