Ini Hasil Operasi Zebra pada Hari Pertama di Payakumbuh

"Para pelanggar didominasi oleh anak-anak di bawah umur"
Lebih seratus kendaraan roda dua dikandangkan di Mapolres Payakumbuh akibat terjaring Operasi Zebra 2017 (KLIKPOSITIF/Arya Irfanus)

PAYAKUMBUH,KLIKPOSITIF -- Hari pertama Operasi Zebra serentak yang dilaksanakan kepolisian, Satlantas Polres Payakumbuh menindak lebih kurang sebanyak 150 kendaraan roda dua ditambah satu unit roda empat. Seluruh kendaraan tersebut ditindak dengan cara razia hunting atau berkeliling sebanyak dua kali, yakni pada pagi dan sore.

Kasat Lantas Polres Payakumbuh, Iptu Yudi Satria mengatakan, dari hasil razia hunting pagi, anggotanya menindak sebanyak 81 kendaraan roda dua. Razia hunting itu laksanakan di pinggiran Kota Payakumbuh, diantaranya di Jalan Imam Bonjol dan Jalan Tan Malaka.

"Dalam razia hunting pagi, kami berhasil menindak 81 unit sepeda motor dan hunting sore berhasil menindak 69 unit sepeda motor dan 1 unit mobil," ucap Yudi Satria, Rabu 1 November 2017.

Dari keseluruhan pengendara yang ditilang, didominasi oleh pengendara yang tidak menggunakan kelengkapan kendaraan seperti tidak memakai helm, tidak memakai spion dan menggunakan knalpot racing. Dari sisi pelanggar, rata - rata mereka masih di bawah umur, sehingga saat ditindak mereka tidak memiliki helm, tidak memiliki surat kendaraan lengkap seperti tidak memiliki SIM dan tidak membawa STNK.

"Saat ini kami fokus ke daerah yang belum pernah tersentuh, namun daerah itu banyak yang melakukan pelanggaran, seperti daerah Kecamatan Payakumbuh dan Kecamatan Luhak serta Kecamatan Lareh Sago Halaban," Lanjut Yudi Satria.

Agar tidak terkena razia petugas, Yudi tidak bosan mengimbau kepada maayarakat agar melengkapi alat berkendara seperti memasang kaca spion, memakai helm, tidak memakai knalpot racing serta melengkapi surat kendaraan bermotor seperti STNK dan SIM.

[Arya Irfanus]