Perhatikan Instalasi Listrik Agar Tetap Aman Selama Musim Hujan

"Pada saat terjadi banjir, air akan menggenangi dan jika aliran listrik masih menyala maka air yang bersifat sebagai penghantar listrik yang bisa membahayakan keselamatan jiwa."
Ilustrasi banjir. (Istimewa.)

KLIKPOSITIF - Musim hujan sudah datang. Salah satu hal yang harus diperhatikan saat musim hujan adalah instalasi listrik. Rusaknya instalasi listrik menimbulkan resiko, mulai dari terjadi korsleting, tersetrum kabel yang mengelupas hingga kebakaran.

Pada saat terjadi banjir, air akan menggenangi dan jika aliran listrik masih menyala maka air yang bersifat sebagai penghantar listrik yang bisa membahayakan keselamatan jiwa. Inilah mengapa jika ada suatu daerah yang terkena banjir dan mengancam jaringan instalasi listrik maka PLN akan mematikan aliran listrik di daerah tersebut walaupun beberapa kawasan di sekitarnya tidak ikut terkena banjir.

Hal ini dilakukan demi keselamatan jiwa daerah  yang terkena banjir dan daerah sekitar, selain itu juga agar instalasi listrik dapat digunakan kembali.

Lalu apa yang harus kita lakukan jika terjadi hujan dan banjir?

1. Matikan instalasi listrik di rumah
2. Segera cabut peralatan listrik yang masih tersambung di stop kontak
3. Naikan peralatan elektronik ke tempat lebih tinggi agar tidak terendam banjir
4. Jika aliran listrik belum padam, segera hubungi call center PLN di 123
5. Mengungsi ke daerah aman sedini mungkin
6. Jika air sudah surut jangan terburu-buru untuk kembali ke daerah Anda, hubungi PLN dan PLN akan mengecek apakah daerah anda sudah aman untuk ditempati kembali dan dialiri listrik.

7.Pelanggan juga diharapkan untuk memastikan semua instalasi yang terendam air dalam keadaan kering.

Untuk diketahui instalasi listrik di dalam rumah adalah tanggung jawab pemilik rumah, sedangkan PLN hanya berwenang mengatur sampai ke Kwh meter pelanggan. Setelah semua sudah dipastikan kering dan aman maka PLN akan menghidupkan kembali aliran listrik yang sempat diputus dengan syarat penanda tanganan berita acara oleh Ketua RT/RW atau tokoh setempat. (adv)