Bupati Pessel Gelar Prosesi Turun Bako, Masyarakat Antusias

"Turun bako ini sendiri digelar di Kampung Koto Baru, Kecamatan Lengayang yang merupakan tempat keluarga dari ibu Bupati Hendrajoni"
Prosesi turun bako anak Bupati Pessel dipadati masyarakat. (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri Priatama)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Putri sulung Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Hendrajoni menjalankan prosesi turun bako atau hantaran baralek dari keluarga si ayah di lingkungan rumah dinas Bupati Pessel, Jumat (3/11). Rani Gustiara Ayu, putri sulung Hendrajoni menikah dengan Akbar Nugraha di Jakarta Selatan, Minggu (29/10) lalu.

Setelah sukses menjalan resepsi akad nikah, kedua mempelai ini juga menjalankan resepsi adat turun bako dari Kecamatan Lengayang. Turun bako ini sendiri digelar di Kampung Koto Baru, Kecamatan Lengayang yang merupakan tempat keluarga dari ibu Bupati Hendrajoni.

Terlihat dalam prosesi turun bako ini, putri sulung Bupati dijemput kalangan ibu-ibu dari keluarga sesuku Hendrajoni yang membawa hantaran khusus adat setempat. Sedikit terkesan mewah, halaman kantor dinas bupati tersebut juga terlihat ramai oleh masyarakat.

"Resepsi babako ini akan berlangsung selama dua hari. Karena selain dari keluarga orangtua bapak, tim ibu PKK juga turun babako untuk Rani," jelas Lisda Rawdha pada KLIKPOSITIF.

Sedikit tentang prosesi turun bako di Minangkabau, khususnya di Kabupaten Pessel, tradisi ini dilaksanakan oleh keluarga dari si ayah. Salah satunya dengan cara menjemput anak dari ayah dan mengantarkannya dengan dipayungi ke lokasi resepsi.

Selain menjalankan prosesi adat turun bako ini, acara tamu juga akan dibuka Bupati Hendrajoni hingga Senin (6/11) mendatang. Sebab, akan banyak tamu dari kalangan masyarakat dan tamu dari luar daerah yang datang dalam resepsi kali ini.

[Kiki Julnasri Priatama]