Ini yang Ditanyakan Jusuf Kalla kepada Pedagang Pasa Ateh Bukittinggi

"Sesekali JK tampak mencatat di secarik kertas yang dibawanya"
Jusuf Kalla berdialog dengan sejumlah pedagang di kawasan Pasa Ateh Bukittinggi, Sabtu (04/11/2017). (KLIKPOSITIF/Haswandi)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF -- Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meninjau lokasi kebakaran di kawasan Pasa Ateh Bukittinggi-Sumbar, Sabtu 4 November 2017. Dalam kesempatan tersebut, JK sempat menyalami dan menyapa sejumlah pedagang di kawasan tersebut.

Sesekali JK juga tampak mencatat pada secarik kertas yang dibawanya. Namun tidak diketahui apa yang dicatatnya tersebut.

"Punya asuransi?" tanya JK kepada salah seorang pedagang yang belakangan diketahui bernama Yulius Rustam.

"Lupa bayar pak," jawab pedagang.

"Maksudnya gimana nih," tanya JK lagi.

"Delapan tahun sebelumnya, saya membayar pajak setiap tahunnya. Tapi untuk tahun ini lupa pak," jawab pedagang lagi.

JK sangat prihatin mendengar penjelasan tersebut. Namun dia tidak bisa berlama-lama dialog, karena harus meninjau beberapa titik lokasi kebakaran.

Yulius Rustam bukan satu-satunya pedagang yang tidak mengasuransikan barang dagagannya. Diperkirakan 80 persen diantara korban kebakaran juga tidak memiliki asuransi.

"Saya jualan bordir di lantai dua. Di Pasa Ateh ini, saya punya tiga toko. Karena terbakar, saya rugi sekitar Rp200 juta," jelasnya.

Kebakaran Pasa Ateh Bukittinggi ini terjadi sekitar pukul 05.30 WIB pada Senin 30 Oktober 2017. Akibatnya, ratusan toko dan kios di lantai tiga, dua, dan sebagian lantai satu, hangus terbakar. (*)