Tanpa Tangan dan Kaki, Fotografer Ini Raih Penghargaan Khusus dari Canon

"Keterbatasan fisik tak menghalanginya untuk belajar fotografi"
Canon mengapresiasi sosok fotografer Achmad Zulkarnain (liputan6.com)

KLIKPOSITIF -- Sosok Achmad Zulkarnain, fotografer yang menginspirasi banyak orang membuat Canon memberikan penghargaan pada pria asal Banyuwangi, Jawa Timur tersebut. Terlahir tanpa tangan dan kaki, sosoknya kini berhasil menjadi fotografer profesional dengan segudang prestasi.

Achmad menuturkan, keputusannya untuk terjun ke dunia fotografi merupakan hal yang tak disengaja. Ia memulai dunia fotografi ini awalnya karena sedang menggantikan teman yang biasa bertugas mengambil foto KTP atau acara pernikahan.

"Awalnya saya memotret tak sengaja, menggantikan teman yang biasa memotret untuk pembuat foto KTP atau acara pernikahan. Saya lihat dunia fotografi keren juga. Apalagi sambil memotret, saya bisa berkenalan dengan cewek," ujar pria yang akrab dipanggil Bang Dzoel tersebut.

Melihat kiprah tersebut, PT Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di Indonesia memberikan apresiasi pada Achmad. Apresiasi itu berupa penghargaan khusus yang berisi perangkat fotografi kamera Canon EOS 6D dan baterry grip BG-E13 dan lensa Canon EF 70-200mm f/4 L USM di ajang Canon PhotoMarathon Indonesia 2017.

"Bang Dzoel merupakan sosok generasi muda yang menginspirasi dan memotivasi banyak orang lewat karyanya, bukan saja dalam hal fotografi. Kami mendukung Bang Dzoel terus berkarya dan menularkan semangatnya tersebut. Semoga karyanya semakin dikenal luas baik di dalam dan luar negeri," ujar Canon Division Director PT Datascrip Merry Harun dalam keterangan resmi yang diterima Minggu (5/11/2017).

Bungsu dari tiga bersaudara ini memang sudah akrab dengan kamera Canon. Saat awal memotret, ia menggunakan Canon EOS 1100D. Setelah itu, ia memakai Canon EOS 600D, EOS 60D, hingga EOS 5D Mark II.

"Saya ingin mengatakan pada dunia, keterbatasan itu tak mengganggu melainkan mendukung saya mempelajari fotografi. Saya adalah fotografer dan ini hasil karya saya," ujar Achmad. Ia ... Baca halaman selanjutnya