Alokasi Anggaran untuk HPN 2018 Mencapai Rp 16 Miliar

HPN 2018
HPN 2018 (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Alokasi anggaran Hari Pers Nasional (HPN) 2018 mencapai Rp16 miliar. Estimasi biaya tersebut digabungkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menyebutkan, untuk penunjang HPN 2018 selain memakai APBD yang dialokasikan dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada dan PWI Sumbar, nantinya juga akan digabung dengan dana dari APBN yang berasal dari dana PWI Pusat.

"Jadi untuk kegiatan di daerah akan menggunakan APBD yang kegiatannya tersebar dari keseluruhan OPD diantaranya di Biro Umum, Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan, PWI Sumbar. Sedangkan, dari pusat juga punya anggaran tersendiri sekitar Rp6 milliyaran. Maka total semuanya sekitar Rp16 miliyar," katanya kepada KLIKPOSITIF , Rabu 8 November 2017.

Baca Juga

Menurutnya, nilai tersebut jauh dari prediksi awal sebab sebelumnya Pemprov Sumbar hanya meminta sekitar Rp11 milliyar. Namun, setelah dilakukan rapat lagi maka diusulkan menjadi Rp16 milliyar. Anggaran tersebut diproyeksikan bisa mengakomodir semua kegiatan yang telah ditetapkan.

Selain itu, ia mengungkapkan bahwa Senin lalu pemprov Sumbar, PWI Pusat dan stakeholder terkait telah menggelar rapat finalisasi guna mematangkan perhelatan yang perdana diadakan di Sumbar itu. Beberapa kegiatan dan panitia HPN pun telah ditetapkan.

"Kemarin pak Sekda sudah pimpin rapat di Jakarta bersama PWI pusat sehingga kegiatan yang akan dilakukan PWI Pusat dengan Pemprov Sumbar yang dibagi dari seluruh OPD sudah sinkron. Mudah-mudahan tidak ada lagi masalah," ujarnya.

Sementara, rangkaian kegiatan HPN, ia menyebutkan acara akan dimulai pada 1-6 Februari 2018 atau satu pekan sebelum acara puncak. Salah satunya lewat Pekan Pers yang dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti jalan santai, pameran rakyat, bakti sosial.

"Awal rangkaian acara seminggu sebelum acara puncak, yaitu akan dimulai dengan agenda seminar, pameran bakti sosial dan berbagai kegiatan untuk masyarakat umum," katanya.

Kemudian, 7-8 Februari akan mengadakan konvensi pers bertema pariwisata sesuai tujuan pokok dari terpilihnya Sumbar. Sedangkan, untuk acara puncak 9 Februari, panitia bersama Pemprov Sumbar menyiapkan kegiatan tradisional makan bersama seluruh undangan.

"Pada puncaknya akan ada makan bajamba di halaman Museum Adityawarman dengan 2000 peserta dengan menggunakan pakaian adat khusus khas Minangkabau. Pak Presiden juga akan hadir nantinya," tuturnya.

[Joni Abdul Kasir]

Baca Juga

Penulis: Rezka Delpiera

Video Terbaru

Sumbar Kesulitan Solar

YouTube channel KlikPositif.com