Pembuatan SIM Meningkat di Payakumbuh karena Operasi Zebra

"Selama pelaksanaan operasi penindakan pelanggaran lalulintas tersebut, pengurusan SIM meningkat tajam"
Surat Izin Mengemudi (KLIKPOSITIF/Ocky Anugrah Mahesa)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Pelaksanaan Operasi Zebra tahun 2017 di Kota Payakumbuh ternyata berdampak pada pembuatan Surat Izin Mengemudi di daerah itu.

Menurut data kepolisian, selama pelaksanaan operasi penindakan pelanggaran lalulintas tersebut, pengurusan SIM meningkat tajam. Jika biasanya dalam satu hari hanya 30 hingga 40 orang saja, selama operasi meningkat jadi 90 hingga 100 pemohon.

"Jadi memang operasi ini juga mendorong masyarakat untuk lebih paham dengan kelengkapan administrasi berkendara," kata Kasat Lantas Polres Payakumbuh, Iptu Yudi Satria.

Selama berjalannya operasi, Yudi menyebut setiap pengendara yang tidak memiliki kelengkapan administrasi berkendara, maka petugas akan menahan kendaraan warga tersebut hingga kelengkapan itu dipenuhi.

"Banyak kendaraan yang kita tahan karena surat kelengkapan pengendara tidak lengkap. Sehingga supaya kendaraannya bisa keluar, pengendara harus melengkapi surat-surat dulu," jelasnya.

Dengan demikian, pencetakan SIM di Polres Payakumbuh di tahun ini meningkat, jika tahun lalu hanya 1000 material, tahun ini naik menjadi 1500 material.

[Arya Irfanus]