Pemko Bukittinggi Kebut Pembangunan Tempat Relokasi Pedagang Pasa Ateh

"Akhir 2017 atau awal 2018 ditargetkan sudah bisa ditempati"
Tempat relokasi pedagang Pasa Ateh yang sedang dibangun (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI,KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota Bukittinggi mulai membangun lokasi penampungan bagi para pedagang yang terdampak kebakaran di kawasan Pasa Ateh.

Kepala Bagian Humas Pemko Bukittinggi Yulman menyebut, pemerintah telah mengajukan tiga opsi bagi pedagang Pasa Ateh sebagai lokasi berdagang setelah gedung Pasa Ateh hangus akibat kebakaran.

"Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Ahmad Yani dan lahan parkir samping Gloria. Pedagang setujunya di samping Gloria," ungkap Yulman, Selasa 14 November 2017.

Kata Yulman, bangunan relokasi pengerjaannya tengah dikebut sehingga paling tidak akhir 2017 atau awal 2018, sudah bisa ditempati.

"Kita bangunnya semi permanen, tidak asal-asalan dan representatif bagi pedagang," ucap Yulman.

Sementara Kabid Pasar Herman menyebut, selain di lahan parkir Gloria, pedagang sebagian lainnya juga dipindahkan ke Blok E dan F Pasar Wisata yang berdekatan dengan lokasi kebakaran dan ke Belakang Pasa.

"Semuanya akan tertampung di lokasi tersebut," lanjut Herman.

Pantauan KLIKPOSITIF di Lahan Parkir Gloria, saat ini pengerjaan tengah berlangsung. Besi-besi tiang tengah dirangkai dan pekerja juga sedang merampungkan lantai bangunan yang direncanakan dibuat dengan ukuran 2 kali 1,75 meter per-kiosnya.

Diperkirakan, di lahan parkir yang tiap bulan ramadhan berubah menjadi pasar takjil itu bisa menampung sebanyak 230 kios.

Sementara, berdasarkan data dari Kabid Pasar Herman, disebutkan jika total pedagang yang terdata akibat terdampak kebakaran Pasa Ateh berjumlah 1.226 pedagang.

[Hatta Rizal]