DKP Sebut Produk Olahan Ikan di Sumbar Ratusan Ton

"Masyarakat yang mengkonsumsi ikan di Sumbar tergolong tinggi"
Poduksi ikan kering di Sumbar (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Dengan produksi ikan di Sumatera Barat (Sumbar) yang mencapai ratusan ton per harinya, ternyata mampu membuat masyarakat melahirkan sejumlah produk-produk makanan yang berbahan ikan. Hal ini pun mendapat dukungan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar, karena dinilai turut mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi ikan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar Yosmeri mengatakan memang cukup banyak pelaku usaha di Sumbar yang melahirkan produk makanan. Setidaknya lebih seratus ton produk olahan ikan yang ada di Sumbar.

"Saya sebutkan untuk jenis ikan lele saja, sekarang lele tidak hanya jadi makanan untuk pecel lele. Tapi sudah menjadi stick lele, kerupuk, lele asap, dan banyak lagi. Begitu juga untuk ikan tuna, ada yang membuatnya rendang, abon, kerupuk, crispy, dan juga masih banyak lagi jenis makanan olahan yang terbuat dari ikan," katanya, pada kegiatan Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) goes to campus 2017 di Universitas Bung Hatta, Padang, Selasa 14 November 2017.

Menurutnya dengan adanya hasil olahan dari makanan berbahan ikan itu, turut mencatat tingkat konsumsi ikan di Indonesia di tingkat dunia. Saat ini, tingkat konsumsi ikan di Sumbar 33,6 per kapita dan secara Indonesia mencapai 40 per kapita. Artinya, di Sumbar memang cukup tinggi konsumsi ikannya.

"Hal itu tidak terlepas dari adanya peran pelaku usaha yang melakukan olahan ikan menjadi makanan. Untuk itu, saya mengajak kepada para mahasiswa untuk bisa menjadi pelaku usaha, dan tidak terfokus menjadi pegawai negeri sipil, karena peluang untuk menjadi usaha makanan cukup besar di Sumbar ini," ucapnya di hadapan ratusan peserta kuliah umum tersebut.

Yosmeri menyebutkan, sabagai bentuk dukungan Dinas Kelautan dan Perikanan terhadap masyarakat yang melakukan olahan makanan ikan, pihaknya memiliki beberapa usaha binaan. Binaan yang dilakukan itu misalnya memberikan pelatihan ... Baca halaman selanjutnya