Kuliah Umum di UBH Padang, BKIPM KKP Sosialisasikan Pogram Kerja

"Kuliah umum ini digelar di aula pertemuan Gedung B Universitas Bung Hatta Padang"
Pemberian Cendramata Oleh Kepala Pusat Karantina Ikan KKP Riza Priyatna Kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar Yosmeri (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF --  Kepala Pusat Karantina Ikan dari Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan-Kementerian Kelautan dan Perikanan (BKIPM-KKP) Riza Priyatna menyebut, selain menjaga kualitas produk perikanan yang aman dari hama penyakit, BKIPM juga melakukan pengawalan agar kualitas produk ekspor perikanan memenuhi standar di negara tujuan.

"Dalam menjalankan tugas, kami juga mengawal dan menelusuri adanya praktik pengiriman produk yang ilegal, baik dari dalam ke luar negeri, begitu pun sebaliknya," jelas Riza saat menggelar kuliah umum di aula pertemuan Gedung B Universitas Bung Hatta (UBH), Selasa 14 November 2017.

Ia mencontohkan, pada kasus terbaru, pihaknya telah menahan 36 ton produk perikanan dari luar negeri tanpa izin. Produk tersebut diamankan di wilayah Tembilahan, dengan jalur akses masuk di perairan Kota Batam.

"Kami dapatkan 22 produk olahan tanpa izin, dan sudah kami tahan. Ini masalahnya ada sejak pengemasan di Kota Batam, sehingga penindakan kami lakukan di Batam," sebutnya lagi.

Seminar itu sendiri tidak hanya diikuti mahasiswa perikanan, tapi juga kepada mahasiswa dari lintas ilmu terkait lainnya.

"Kuliah umum ini terselenggara berkat kerja sama BKIPM dengan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UBH. Namun, pesertanya juga dari kalangan mahasiswa ilmu hukum, ilmu politik, dan lintas ilmu terkait lainnya, serta para pelaku eksportir produk perikanan dan hasil laut di Sumbar," kata Ketua Panitia Kuliah Umum BKIPM Goes to Campus 2017, Sugeng Prayogo, yang juga Kepala Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (KIPM) Kelas I Padang.

[Joni Abdul Kasir]