Pemkab Pessel Habiskan Rp500 Juta Demi Etape II TdS, Berapa Kontribusi untuk Pusat ?

"untuk kontribusi daerah ke panitia pusat sendiri, terdiri dari biaya hadiah pembalap, biaya penginapan dan transportasi"
ilustrasi (KLIKPOSITIF / Eko Fajri)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) menghabiskan anggaran Rp500 juta lebih untuk menggelar ivent balapan sepeda internasional Tour de Singkarak 2016 etape II, Minggu 19 November 2017.

Kepala Bidang Kepariwisataan, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan, Wendra mengatakan dana sebesar Rp500 juta yang dikucur dari uang daerah tersebut tersedot paling banyak untuk kontribusi ke pusat dengan total Rp350 juta.

"Selebihnya untuk persiapan kita di daerah," jelasnya tanpa panjang lebar pada KLIKPOSITIF.

Menurutnya, untuk kontribusi daerah ke panitia pusat sendiri, terdiri dari biaya hadiah pembalap, biaya penginapan dan transportasi. Sebab, semua item kegiatan itu, diatur panitia dari pusat.

"Terdiri dari hadiah Rp50 juta, kontribusi penginapan Rp75 juta, dan ditambah untuk transportasi Rp110 juta (panitia pelaksana tds)," sebutnya.

Sedangkan untuk Etape II akan dilaksanakan dari Kota Painan Pesisir Selatan hingga ke Kota Sawahlunto dengan panjang 166 kilometer. Kejuaraan ini akan diikuti oleh 20 tim sepeda dari 30 negara, diantaranya, 15 tim international dan lima tim nasional.

Sehubungan dengan itu, untuk persiapan, pemerintah daerah setempat menjelaskan, persiapan pelaksanaan etape II Tour de Singkarak (TdS) 2017, sudah clear menjelang, Minggu 19 November 2017 besok.

"Sehari menjelang hari H nanti (Minggu 19 November 2017) sudah clear. Hanya tinggal menyesuaikan dengan rundown start stage 2 yang telah disusun," sebutnya.

Ia menjelaskan, clearnya persiapan tersebut sudah ditinjau ulang oleh tim gabungan Forkompinda. Sebab, semua kegiatan harus sukses sesuai rundown yang telah diatur panitia daerah dan pusat.

"Kehadiran tim/official dan tamu TdS 2017 sudah disediakan tenda VIPnya. Ditambah persiapan untuk hiburan, dan serta pertunjukan seni yang akan dilaksanakan nanti,"jelasnya.

Sementara itu, untuk menyemarakkan iven ... Baca halaman selanjutnya