Irwan Prayitno : Jangan Ada Lagi Anggapan Satpol PP Tukang Gusur

"Satpol PP Sumbar harus mengikuti uji kompetensi"
Irwan Prayitno diantara anggota Satpol PP Sumbar (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Sebanyak 145 orang anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemprov Sumbar plus kabupaten/kota mengikuti uji kompetensi di Aula kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumbar, Senin 20 November 2017.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, penyelenggaraan uji kompetensi ini merupakan syarat yang harus dilalui ASN untuk mengisi posisi jabatan struktural. Hal ini sesuai dengan amanat yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Nomor 4 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Polisi Pamong Praja dan Angka Kreditnya.

"Tanpa diuji, ASN tidak bisa mendapatkan sertifikat kompetensi. Sehingga tidak bisa diangkat menjadi pejabat fungsional. Tidak bisa naik pangkat dan jabatan," sebut Irwan.

Disamping itu terang Irwan, uji kompetensi adalah untuk meningkatkan kualitas ASN di bidang kerja masing-masing, sehingga pola kerja layanan terukur dan terampil. "Untuk Satpol PP ini sangat penting. Agar lebih kompeten dan tidak lagi dianggap masyarakat sebagai tukang gusur, urakan dan ugal-ugalan," tegas Irwan.

Dalam kesempatan sama, Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri Didin Wahidin Wiranegara mengatakan, uji kompetensi ini adalah kegiatan yang ditugaskan sesuai peraturan perundang-undangan. Dengan tujuan untuk mewujudkan ASN yang kompeten dalam hal manajerial, teknis, struktural, dan pemerintahan.

"Knowledge, skill, dan attitude. Uji kompetensi dua hari kedepan akan mencakup ketiga aspek ini," terang Didin.

[Joni Abdul Kasir]