Pembangunan Jalan ke Pelabuhan Baru Air Bangis Butuh Dana 600 Miliar

"Menurut data, terdapat 37 kilometer dan 8 jembatan lagi yang perlu dikerjakan"
Pelabuhan Teluk Tapang, Air Bangis-Pasaman Barat (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pembangunan akses jalan ke pelabuhan baru di Teluk Tapang, Air Bangis Pasaman Barat membutuhkan anggaran Rp600 miliar. Dana sebesar itu dibutuhkan agar pelabuhan tersebut bisa beroperasi.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengakui pembangunan jalan ke lokasi itu memang terkendala infrastruktur pendukung seperti bangunan di sekitar pelabuhan dan status hutan lindung.

Sehingga kendala sektor pendukung pengoperasian pelabuhan yang mulai dibangun pada tahun 2006 lalu perlu diiventarisasi kembali.

Menurut data, terdapat 37 kilometer dan 8 jembatan lagi yang perlu dikerjakan, dan untuk menuntaskan hal tersebut menghabiskan Rp600 miliar.

"Dana itu untuk menuntaskan pengerjaan akses penghubung dari jalan raya hingga ke pelabuhan," kata Kepala Dinas PU Sumbar, Fathol Bari. Menurutnya tahun depan, akan dibangun jalan sepanjang 2,5 kilometer dari Dana Alokasi Khusus sebesar Rp10 miliar.

Sementara itu, Bupati Pasaman Barat Syahiran mengaku bahwa anggaran daerah itu tidak bisa digunakan untuk melanjutkan pembangunan akses jalan, meki pihaknya sudah melaporkan hal tersebut pada Kementerian terkait.

"Sejak 2006, pembangunan fisik pelabuhan sudah menghabiskan Rp200 miliar. Sebagian untuk fasilitas juga ada bantuan dari swasta," sebut Syahiran.

Di sisi lain, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menargetkan agar pelabuhan terbesar kedua setelah Teluk Bayur di Kota Padang itu bisa beroperasi mulai tahun depan.

"Kami berharap dan akan bicarakan dengan pemerintah pusat sebab fungsi pelabuhan ini sangat penting. Salah satu sebagai pelabuhan alternatif pengganti Pelabuhan Teluk Bayur untuk urusan pengiriman CPO sawit," jelasnya kemudian.

[Joni Abdul Kasir]