Belum Beroperasi, Pelabuhan Berskala Internasional di Pasbar Butuh Infrastruktur Penunjang

"Infrastruktur penunjang itu kata Nazarwin berupa perkantoran pemerintah disekitar pelabuhan ditambah penerangan."
Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Teluk Bayur Nazarwin (Joni/KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pelabuhan Teluk Tapang di Nagari Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat-Sumatera Barat telah rampung sejak Mei 2017 lalu. Bahkan izin operasional pelabuhan sudah dikantongi.

Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Teluk Bayur Nazarwin mengatakan, walaupun sudah izin operasional telah keluar, namun pengoperasian pelabuhan tersebut masih butuh infrastruktur penunjang dilokasi pelabuhan.

Infrastruktur penunjang itu kata Nazarwin berupa perkantoran pemerintah disekitar pelabuhan ditambah penerangan. "Seperti kantor kesehatan pelabuhan, bea cukai dilengkapi juga dengan listriknya sebagai penerangan," jelasnya, Rabu 22 November 2017.

Menurutnya, pelabuhan tidak bisa berdiri sendiri, harus terpenuhi sisi laut dan darat dan jelas azas pemanfaatan sebuah pelabuhan. Namun pihaknya akan tetap mendukung agar pelabuhan alternatif pengganti pelabuhan Teluk Bayur itu cepat beroperasi.

"Kami akan dorong dari jalur laut, sekarang perwakilan KSOP Teluk Bayur juga sudah ada disini," sebutnya.

Dituturkannya, terkait infrastruktur pendukung bisa juga dilakukan investor sebagai percepatan pengoperasian. "Disini sudah ada investasi dari Perusahaan Gramindra yang bergerak dalam usaha biji besi, mereka juga bisa bantu," ujarnya.

Selanjutnya dijelaskan Nazarwin, untuk jangka panjang sebaiknya untuk status tanah saat ini masih pinjam pakai selama 20 tahun dirubah menjadi status lahan produksi terbatas. Setelah itu dirubah lagi statusnya menjadi kawasan pelabuhan.

Sementara, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit juga menginginkan Pelabuhan Teluk Tapang ini segera beroperasi. Sebab, sudah terlalu lama pelabuhan berskala Internasional ini terbengkalai.

"Pelabuhan ini sangat strategis untuk menunjang intensitas perdagangan. Tidak saja soal biji besi, dari pelabuhan ini nanti juga memudahkan aktivitas pengangkutan Crude ... Baca halaman selanjutnya