Mendagri Terbitkan Permen, Sengketa Perbatasan Sumbar-Bengkulu Selesai

"Diharapkan, tidak ada lagi ketegangan atau gesekan antar masyarakat karena masalah batas di Pesisir Selatan dan Muko-Muko"
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Sengketa batas antar Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Bengkulu yang berada di segmen Kabupaten Pesisir Selatan dan Kabupaten Muko-Muko telah tuntas. Menteri Dalam Negeri telah menerbitkan peraturan nomor 87 tahun 2017 tentang batas Sumatera Barat dengan Bengkulu.

Permen itu diterima oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan salinannya diberikan pada Bupati Pesisir Selatan dalam kegiatan rapat koordinasi gubernur dengan bupati/wali kota di Padang siang tadi.

Pelaksana Tugas Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Provinsi Sumatera Barat, Iqbal Rama Dipayana mengatakan, dengan keluarnya peraturan menteri dalam negeri dimaksud, maka batas antara Sumatera Barat dan Bengkulu telah jelas.

"Diharapkan, tidak ada lagi ketegangan atau gesekan antar masyarakat karena masalah batas di Pesisir Selatan dan Muko-Muko," katanya Rabu 22 November 2017.

Sementara itu, selain batas antar Sumatera Barat dan Bengkulu, melalui kegiatan rakor gubernur dan bupati/wali kota, juga diserahkan 5 peraturan menteri dalam negeri yang memutuskan batas antar kabupaten/kota di Sumatera Barat.

Masing-masing Pemendagri nomor 22 tahun 2017 tentang batas Kabupaten Agam dengan Kabupaten Padang Pariaman, Permendagri nomor 23 tahun 2017 tentang batas Kabupaten Agam dengan Kabupaten Pasaman Barat. Permendagri nomor 24 tahun 2017 tentang batas Kabupaten Agam dengan Kabupaten Pasaman.

Selanjutnya Permendagri nomor 25 tahun 2017 tentang batas Kota Sawahlunto dengan Kabupaten Tanah Datar. Kemudian Permendagri nomor 26 tahun 2017 tentang batas Kabupaten Pesisir Selatan dengan Kabupaten Solok Selatan.

Salinan Permendagri diserahkan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Kepada Kelapa Daerah masing-masing.

[Joni Abdul Kasir]