Asita: Rute Penerbangan Padang-Singapura Untungkan Wisata Pantai dan Budaya Sumbar

"Data Asita setiap tahun sebanyak 8000 wisman datang ke Sumbar untuk melakukan surfing."
Surfing Menjadi Salah Satu Alasan Wisman Datang ke Sumbar (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Ketua DPD Association of the Indonesian Tours and Travel (Asita) Sumatera Barat (Sumbar), Ian Hanafiah mengatakan, penerbangan langsung Padang-Singapura akan memberikan dampak besar bagi daerah di Sumbar terutama daerah yang memiliki lokasi surfing.

Data Asita setiap tahun sebanyak 8000 wisman datang ke Sumbar untuk melakukan surfing. Kabupaten Kepulauan Mentawai menjadi primadona dan sasaran turis asing tersebut.

"Wisata dari Singapura mayoritas pelaku surfing, mereka kabanyakan wisman muda dan itu yang mereka cari ke Sumbar," katanya.

Selain surfing keterkaitan budaya juga menjadi daya tarik wisman dari Singapura. "Rumpun melayu bisa jadi jualan dalam promosi kita, seperti kawasan wisata Tanah Datar, Bukitinggi dan Buya Hamka," ujarnya.

Biasanya, kata Ian, wisman datang dari Singapura menuju Jakarta dan setelah itu baru ke Sumbar. Maka dengan adanya penerbangan langsung Padang-Singapura yang digagas Air Asia pada bulan Februari nanti menyumbang peningkatan pengujung.

Namun agar penerbangan tersebut lebih dikenal oleh masyarakat Singapura perlu dilakukan promosi jauh-jauh hari sehingga agenda wisman pun sesuai dengan dibukanya penerbangan langsung tersebut. "Sebulan sebelum launching sudah harus dikanalkan kepada warga Singapura," ulasnya.

Sementara Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit berencana akan mengadakan promosi besar-besaran di Singapura soal rute penerbangan itu. Hal itu dilakukan agar terjadi peningkatan pengujung ke Sumbar diawal penerbangan.

"Sasaran kami masyarakat Asean ke Sumbar. Jika diperlukan kami akan ekspo di Singapura," kata wagub.

[Joni Abdul Kasir]