Dilantik Jadi Presiden Zimbabwe, Mnangagwa Gantikan Kepemimpinan 37 Tahun Mugabe

"Meskipun sebagian besar warga Zimbabwe merayakan pengunduran diri Mugabe yang telah berusia 93 tahun, beberapa orang khawatir tentang masa depan di bawah Mnangagwa."
Emmerson Mnangagwa dilantik sebagai presiden Zimbabwe. (Aljazeera.)

KLIKPOSITIF - Emmerson Mnangagwa dilantik pada hari Jumat sebagai Presiden Zimbabwe di depan ribuan pendukung yang bersorak-sorai di stadion nasional Harare, mengakhiri 37 tahun kepemimpinan Robert Mugabe.

Dengan mengambil sumpah jabatannya, mantan kepala keamanan berusia 75 tahun yang dikenal sebagai 'Buaya' tersebut berjanji untuk menegakkan konstitusi negara dan melindungi hak-hak 16 juta warga Zimbabwe.

Meskipun sebagian besar warga Zimbabwe merayakan pengunduran diri Mugabe yang telah berusia 93 tahun, beberapa orang khawatir tentang masa depan di bawah Mnangagwa.

Secara khusus, mereka mempertanyakan perannya dalam pembantaian Gukurahundi di Matabeleland pada tahun 1983, ketika sekitar 20.000 orang tewas dalam sebuah tindakan keras dalam melawan Mugabe.

Namun Mnangagwa telah membantah berperan dalam kekejaman tersebut dan sejak kembali ke Zimbabwe setelah dua minggu bersembunyi ia menggelorakan semangat demokrasi, toleransi dan penghormatan terhadap peraturan hukum.

"Orang-orang telah berbicara. Suara rakyat adalah suara Tuhan, "katanya kepada ribuan pendukung pada hari Rabu di markas partai ZANU-PF yang berkuasa.

Namun, perlakuan kasar tentara terhadap loyalis Mugabe, seorang mantan menteri keuangan Ignatius Chombo, belum menghilangkan kekhawatiran tentang pandangan sebenarnya Mnangagwa soal demokrasi.

"Ini cara yang sangat brutal dan kejam dalam menghadapi lawan," kata pengacara Chombo, Lovemore Madhuku, kepada Reuters.