Akankah Calon Perseorangan Muncul di Pilkada Padang?

"Hingga Senin (27/11/2017) belum ada calon perseorangan yang menyerahkan syarat dukungan"
Kantor KPU Padang (KLIKPOSITIF/Cecep Jambak)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Hingga kini, bakal calon walikota dan wakil walikota Padang dari jalur non politik, belum satupun menyerahkan syarat dukungan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang.

Komisioner KPU Padang Divisi Teknis, Chandra Eka Putra mengatakan, tiga hari jelang batas akhir penyerahan berkas syarat dukungan, pasangan calon (Paslon) baru sebatas konsultasi.

"Paslon baru sebatas konsultasi kepada KPU. Yang dikonsulkan terkait teknis syarat dan tata cara proses penyerahan berkas, termasuk berkas apa yang nantinya akan diverfikasi. Hari ini ada paslon yang konsultasi. Ada Alkudri-Syafril Basyir," ungkapnya.

Katanya, ada beberapa hal yang dipertanyakan Alkudri, diantaranya format dari dokumen pernyataan dukung untuk pencalonan perseorangan. Lalu, gambaran bagaimana teknis pencalonan, sehingga saat mendaftar tidak ada lagi berkas yang kurang sesuai silon (informasi pencalonan).

Sementara itu, Alkudri membenarkan kehadirannya ke KPU memang untuk berkonsultasi terkait teknis persiapan pendaftaran pencalonan. Diakuinya sedikit kendala memang saat melakukan entri data dukungan yang memakan waktu, sebab memakai sistem silon.

"Insya Allah sudah siap maju. Dan rencananya Rabu besok akan kami serahkan. Sejauh ini kami sudah mengumpulkan 60 ribu lebih KTP yang tersebar di sejumlah kecamatan di Kota Padang," ujarnya.

Baginya, maju melalui jalur perseorangan karena memang permintaan dari masyarakat. Hal itu juga disebabkan tidak adanya kepastian dari partai politik. Untuk menyaingi mesin parpol, katanya, dia mengaku dibantu tim relawan Alkudri.

"Yang penting kita terus berupaya bersaing dengan mesin parpol. Sama dengan parpol, kami juga ada tim, yakni tim relawan," pungkasnya.

[Cecep Jambak]