Cuaca Buruk, Pedagang Ikan di Padang Jual Tongkol dari Aceh

"Sejak empat hari belakangan ikan untuk jenis tongkol sudah tidak ada di Padang"
Pedagang Ikan di Pasar Raya Padang (KLIKPOSITIF/Halbert Chaniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Cuaca buruk yang melanda pesisir pantai Sumatera Barat dalam beberapa hari belakangan membuat nelayan di Kota Padang tidak bisa melaut.

Kesulitan nelayan kemudian berimbas pada penjualan berbagai jenis ikan di Pasar Raya Padang, salah satunya yakni Tongkol.

Berkurangangnya pasokan ikan di Kota Padang membuat pedagang ikan di pasar sentral harus menjual ikan hasil tangkapan nelayan Aceh.

"Sejak empat hari belakangan ikan untuk jenis tongkol sudah tidak ada di Padang ini, saya berinisiatif untuk mengambil ikan dari Aceh agar tetap bisa berjualan," kata salah seorang pedagang, Hendri (39).

Ikan Tongkol hasil tangkapan nelayan Aceh tersebut memiliki harga yang lebih tinggi dari tangkapan nelayan lokal Padang atau Sumatera Barat.

"Harga Ikan tongkol yang biasanya Rp30 ribu hingga Rp40 ribu per kilogram, sekarang menjadi Rp50 ribu per kilogram," sebut Hendri.

Ketersediaan ikajn Tongkol dari Aceh tersebut juga tidak sebanyak ikan hasil tangkapan nelayan lokal, untuk satu hari, pedagang hanya satu box besar.

"Biasanya empat box besar, mungkin karena hasil tangkapan nelayan juga sedikit makanya kami juga dapatnya sedikit," ungkap pedagang lain, Ryan (29).

[Halbert Chaniago]