Minangapentagong Siapkan Kejutan di PBF 2017

" Minangapentagong didukung oleh Orkestra Simfoni ISI Padangpanjang dan akan menampilkan 4 repertoar "
Minangapentagong siapkan 4 repetoar musik etnik yang berkolaborasi dengan Orkestra Simfoni Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang (KLIKPOSITIF/Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF - Menyambut puncak Payakumbuh Botuang Festival yang dihelat pada 1-2 Desember mendatang, Minangapentagong siapkan 4 repetoar musik etnik yang berkolaborasi dengan Orkestra Simfoni Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang. Hal ini disampaikan Nurkholis, salah seorang pentolan Minangapentagong saat melakukan gladi resik di Panorama Ampangan, Kamis 30 November 2017.

Nurkholis mengatakan Minangapentagong didukung oleh Orkestra Simfoni ISI Padangpanjang dan akan menampilkan 4 repertoar yaitu The Malay Suite; Bagian 1 yang akan dikolaborasikan dengan puisi yang dinyanyikan.

Gagasan karya ini menggunakan gaya musik film dengan tekstur musik yang naratif. Tema musik diolah berdasarkan tangga nada pentatonik.Kemudian Talipuak Kampai adalah salah satu repertoar talempong Sikatuntung yang akan diiringi musik orkestra.

"Musik ketiga Bhante dimana dalam karya ini instrumen bansi, sarunai, dan sulim dijadikan sebagai solis dan keempat The Malay Suite: Bag. 2 dan karya ini tentang ritus dari suku-suku pedalaman di Indonesia. Instrumen saluang, bansi, dan sulim dijadikan solis," kata Nurkholis.

Ia menjelaskan dalam musik yang dimainkannya berasal dari beni-benih pemikiran atas musik tradisi Minangkabau dan modern yang terbuka sejak tahun 1998 atau masa reformasi. Kemudian ia mengembangkan gagasan penciptaan musik kontemporer berakar dari musik tradisi seperti Serialisme, Elektro-Akustik, dan music mix-media dengan menggunakan bentuk simfoni, konserto, suita, sonata, overture, minuet, rondo, kantata, balada, dan madrigal.

"Nah, dari pemahaman dan penguasaan saya terhadap kaidah-kaidah musik klasik tersebut, maka saya mulai menerapkan gagasan penciptaan dengan  menggunakan piranti musikal tradisi Minangkabau, seperti: keunikan dendang Darek dan Pesisiran, ornamentatif melodi Saluang, Rabab, Salawat Dulang, Talempong, dan pola-pola perkusi Minang," ujarnya.

Dalam menghasilkan musik ... Baca halaman selanjutnya