Gali Pengembangan Wisata dan UMKM, DPRD Kota Solok "Belajar" ke Bali

"Konsep pengembangan pariwisata di Kabupaten dan Kota di Bali sangat bagus untuk diadopsi"
Rombongan DPRD Kota Solok usai sharing informasi di DPRD Kabupaten Tabanan, Propinsi Bali (Ist)

SOLOK, KLIKPOSITIF - Provinsi Bali menjadi barometer utama pengembangan sektor pariwisata di Indonesia. Arus lalu lintas wisatawan tak kunjung usai ke Negri seribu pura ini. Beranjak dari itu, DPRD Kota Solok melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Pulau Dewata.

Kunjungan kerja tim 1, yang diketuai oleh Wakil Ketua Irman Yefri Adang, tentunya dalam rangka berbagi informasi terkait program dan kebijakan DPRD Kabupaten Tabanan, dan kota Denpasar dalam mendorong pembangunan berbagai sektor di daerahnya.

Ada hal menarik yang menggugah DPRD Kota Solok terbang ke Bali, Sebagai destinasi wisata berkelas dunia dengan beragam manusia yang membawa beragam kultur budaya, masyarakat Bali tak terpengaruh dan budaya masyarakat tetap terjaga.

Bahkan, selain wisata pantai, Wisata Budaya dan adat istiadat masyarakat setempat menjadi salah satu magnet kuat yang menarik wisatawan dari berbagai penjuru dunia, untuk mengunjungi negri seribu pura tersebut.

"Konsep pengembangan pariwisata di Kabupaten dan Kota di Bali sangat bagus untuk diadopsi, pengelolaan pariwisata yang terkonsep dan propesional sangat bagus diterapkan untuk pengembangan pariwisata kota Solok," ungkap Wakil Ketua DPRD Irman Yefri Adang, 7 November 2017.

Kesadaran masyarakat akan pariwisata membuat wisatawan merasa nyaman di Bali. Masyarakat adat bersama pemerintah dan pengusaha memiliki sinergi kuat sehingga pengelolaan pariwisata mendatangkan dampak ekonomi secara lansung bagi masyarakat luas.

Sinergi inilah yang perlu diterapkan di Kota Solok, jika ingin pariwisata Kota Solok dilirik oleh wisatawan. Kota Solok bukan tidak memiliki potensi, namun tinggal bagaimana mengemas segala potensi alam dan seni tradisi dalam sebuah konsep pariwisata yang terintegrasi.

“Ada Banyak hal yang patut dicontoh di sini, salah satunya bagaimana pemerintah dan masyarakat Bali mempertahankan tradisi dan ragam budaya yang kerifan lokal daerah," terang Politisi ... Baca halaman selanjutnya