Asteroid Raksasa Dekati Bumi, Berbahayakah?

"Benda luar angkasa tersebut diberi nama "3200 Phaethon" "
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- NASA membenarkan rumor asteroid raksasa yang mendekati Bumi pada akhir Desember 2017. Menurut Badan Antariksa Amerika Serikat tersebut, asteroid ini akan mendekati orbit mulai 16 Desember 2017, tepat satu pekan sebelum hari Natal.

Menurut informasi yang dimuat Mirror pada Sabtu (2/12/2017), asteroid diperkirakan berukuran sekitar 3 mil. Benda luar angkasa tersebut diberi nama "3200 Phaethon" yang diambil berdasarkan nama dewa Yunani.

Menurut legenda, dewa tersebut menyebabkan kerusakan besar di Bumi. Namun tenang saja, NASA mengklaim 3200 Phaethon tak akan merusak Bumi seperti dewa aslinya.

"Ia akan melewati jarak 6,5 juta mil dari Bumi, masih jauh dan bahkan 27 kali lebih jauh daripada jarak Bumi dengan Bulan," ujar NASA dalam keterangan resminya.

Walau demikian, NASA mengakui 3200 Phaethon adalah asteroid kategori "near-Earth" (terdekat dengan Bumi) yang berbahaya jika tidak 'ditanggulangi'.

Karena itu, para ilmuwan di NASA Jet Propulsion Laboratory tengah merencanakan menggunakan model 3D asteroid untuk meneliti kembali bentuknya.

3200 Phaethon ternyata ditemukan NASA sejak Desember 2007 silam. Ia diyakini menjadi bagian dari hujan meteor Geminid yang akan terjadi pada 13 Desember mendatang.

Namun demikian, meski termasuk dalam bagian hujan meteor, NASA sekali lagi menjamin asteroid ini tak akan jatuh ke Bumi. Apalagi, tingkat aktivitasnya cukup rendah dan ia bisa saja akan mengitari orbit luar Bumi.

NASA sendiri mengungkap asteroid bisa disaksikan dengan teleskop khusus di beberapa observatorium. Waktu terbaik untuk menyaksikannya berkisar antara 11-21 Desember 2017.

"Ia akan muncul saat hujan meteor Geminid. Jika ingin melihatnya, ambil waktu terbaikmu pada periode 11-21 Desember," lanjut NASA menerangkan.

Ancaman asteroid yang mendekati Bumi memang menjadi isu utama bagi NASA. Badan ... Baca halaman selanjutnya