Tahun Depan, Pemprov Sumbar Kucurkan Rp400 Miliar Untuk Fasilitas Jalan

"Dana tersebut akan digunakan untuk membangun, perbaikan, dan pemeliharaan jalan"
Potret jalan rusak di Pesisir Selatan (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengucurkan dana sebesar Rp400 miliar untuk pemeliharaan akses jalan di daerah itu. Pemeliharaan tersebut khusus untuk jalan yang menjadi tanggung jawab Pemprov.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sumbar Fathol Bari mengatakan dana tersebut akan digunakan untuk membangun, perbaikan, dan pemeliharaan jalan.

"Pemeliharaan saja disediakan dana sebesar Rp 40 miliar dalam setahun ini," katanya pada KLIKPOSITIF.

Ia menjelaskan, dana sebesar itu akan digunakan untuk pembangunan ruas jalan di Alahan Panjang-Pasar Baru, Ruas Jalan Langgai di Kecamatan Sutera (Pessel), Jalan Nipah (Kota Padang), Jalan Sumani Saniang Baka (Kabupaten Solok) Jalan sekitaran Pelambayan, Matur (Agam), Padang Aro (Solok Selatan) dan Jalan ke Teluk Tapang (Pasbar).

"Tahun 2018, pemeliharaan dan pembangunan hampir merata untuk jalan provinsi yang tersebar di kabupaten/kota. Namun ketersediaan anggaran terbatas dilakukan secara bertahap. Ada yang satu kilometer, tergantung kecukupan dana," jelas Fathol.

Kemudian akibat peralihan status jalan dari kabupaten dan kota menjadi jalan provinsi juga mempengaruhi melambatnya penanganan jalan. Setidaknya saat ini sekitar 400 Kilometer jalan menjadi tanggung jawab provinsi. Awalnya panjang jalan provinsi 1150 km menjadi 1520 km.

Peralihan status jalan itu juga berpengaruh kepada kemantapan jalan provinsi, yang awalnya kemantapan jalan sudah mencapai 90 persen turun menjadi 60 persen saja. Padahal tutur Fathol untuk mencapai angka satu persen kemantapan jalan membutuhkan dana Rp 200 miliar lebih.

"Kami akan tetap berusaha jalan provinsi ini dibangun dan dipelihara," tutur dia.

Fathol mengklaim, untuk realisasi anggaran tahun 2017 sudah mencapai 90 persen dari segi fisik, namun dia tidak menapik ada beberapa persoalan dalam pembangunan di Sumbar.

"Kita di Sumbar ini soal pembebasan lahan sangat jadi kendala sehingga ... Baca halaman selanjutnya