Mulai 1 Januari 2018, Isi BBM di Sumbar Bisa Pakai Kartu Ini

"Tinggal gesek selesai"
Ilustrasi (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Mulai 1 Januari 2018, pemerintah Provinsi Sumbar bakal menerapkan transaksi non tunai. Hal ini sesuai dengan surat edaran Mendagri nomor 910/1886/J tertanggal 17 April 2017 tentang Implementasi Transaksi Non Tunai.

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan, transaksi non tunai yang mulai diberlakukan awal tahun depan untum pembayaran pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Bisa dilakukan dengan kartu BRIZZI Bank BRI. Tinggal gesek selesai," katanya usai menandatangani kesepakatan bersama (MoU) implementasi transaksi non tunai pada lingkungan bisnis SPBU se Sumatera Barat.

Menurutnya rencana itu telah disepakati bulan September 2017 lalu, yang dibukukan dengan penandatangan komitmen bersama pemerintah 19 Kabupaten dan Kota di Sumbar.

"Penggunaan transaksi non tunai akan memperkecil ruang penyelewengan anggaran karena seluruh transaksi akan tercatat dengan baik dalam sistem. Ini sangat aman dan rahasia. Karena tidak lagi perlu repot bawa uang banyak-banyak," terangnya.

Terkait rencana tersebut, Pertamina pun sebut Nasrul telah menyiapkan sistem transaksi non tunai di setiap Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

"Untuk pola penerapan aturan non tunai di SPBU ini, kita jalankan bersama-sama. Kalau tidak bisa sekaligus, kita lakukan bertahap. Misalnya, dalam 1 SPBU ada 6 pompa, 2 pompa non tunai, 4 pompa lagi bayar tunai," ungkap mantan Bupati Pesisir Selatan itu.

Retail Fuel Marketing Manager Region I PT Pertamina, Agus Taufik Harahap mengatakan, transaksi non tunai dilingkup SPBU akan mulai dilakukan untuk SPBU di kawasan kota Padang sebagai permulaan.

"Nanti kami terapkan jalur khusus non tunai. Berangsur-angsur, sistem non tunai akan diterapkan di seluruh kabupaten/kota," pungkasnya kemudian.

[Joni Abdul Kasir]