Ombudsman Tuding Pimpinan SMKN 2 Lubuk Basung Tidak Paham Sumbangan Pendidikan

"Kalau perlu sekalian saja copot Kepala Sekolahnya"
Sejumlah pelajar SMKN 2 Lubuk Basung melaksanakan ujian di lapangan basket di sekolah itu (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Ombdusman Perwakilan Sumatera Barat angkat bicara soal perlakukan pihak sekolah SMKN 2 Lubuk Basung yang menyuruh pelajarnya ujian di lapangan basket sekolah karena belum membayar uang administrasi.

Menurut Pelanjut Tugas Kepala Ombudsman Perwakilan Sumbar, Adel Wahidi, hal tersebut telah mencoreng wajah pendidikan di Sumatera Barat.

Baca Juga: Cuma Gara-gara Ini, Puluhan Siswa-siswi di Agam Ujian Semester di Lapangan Basket

"Dari penjelasan Wakil Kepala Sekolah itu, tampak bahwa tak Ia tak paham dengan ketentuan yang harus di penuhi dalam menghimpun sumbangan pendidikan," katanya pada KLIKPOSITIF.

Terkait dengan tindakan tersebut, Adel menyebut Kepala Sekolah SMKN 2 Lubuk Basung harus segera diberi sanksi, dan pihaknya mengaku bakal mengawal hal tersebut ke Dinas Pendidikan Sumbar.

Baca Juga: Suruh Murid Ujian Semester di Lapangan Basket, Kepsek SMKN 2 Lubuk Basung Bisa Disanksi

"Kalau perlu sekalian saja copot Kepala Sekolahnya," tegas Adel. Tidak hanya itu, Ombudsman kata Adel juga akan memberikan perhatian lebih terkait kasus ini.

"Proses pengawasan internal harus ketat agar tidak terjadi lagi perlakuan serupa terhadap siswa," tuturnya.

Baca Juga: Suruh Murid Ujian di Lapangan Basket, DPRD Sumbar Kecam SMKN 2 Lubuk Basung

Sebelumnya sebanyak 48 siswa kelas II dan III SMKN 2 Lubuak Basuang, Kabupaten Agam-Sumbar terpaksa mengikuti Ujian Semester I (Ganjil) tahun pelajaran 2017/2018 di ... Baca halaman selanjutnya