Terima Insentif dari Pusat, Pemprov Sumbar Gunakan untuk Tiga Hal Ini

"Dana tersebut diperoleh karena pencapaian target yang diberikan pemerintah pusat"
Irwan Prayitno (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp71 miliyar dari pemerintah pusat.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan dana tersebut diperoleh karena pencapaian target yang diberikan pemerintah pusat.

Target yang dimaksud yakni penyelenggaraan pemerintahan mulai dari tercapainya target pendapatan, tercapainya penyaluran dan daya serap sesuai target kuartalan terlaksananya program sesuai jadwal dari perencanaan, dan e-laporan.

"Jadi yang dihitung bukan hanya karena predikat WTP saja," katanya.

Menurut Irwan, dana Rp 71 Miliar tersebut sudah masuk dalam APBD 2018, sebab dana tersebut sudah diketahui dan telah melalui proses RAPBD bersama DPRD.

"Jadi uangnya sudah melebur ke mana-mana, bukan uang onggok datang begitu saja. Uang sudah masuk dan digabung dengan pendapatan lain, ke pendidikan, infrastruktur dan lain-lain," jelasnya.

Kader PKS itu menyebutkan insentif yang diterima tahun inibukan kali pertama. Di tahun sebelumnya, Sumbar juga telah menerima DID dengan nominal Rp 50 miliar.

Jumlah DID yang diterima meningkat, karena tahun ini Provinsi Sumbar masuk peringkat 3 terbesar dalam penggelolaan keuangan terbaik secara nasional.

"Nilai penggelolaan keuangan Sumbar sempurna. Urutan nomor 2 dibawah Provinsi Jawa Timur," tutur dia.

Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi Sumbar kembali menerima Anugerah Dana Rakca. Penghargaan diberikan karena kinerja keuangan Pemprov Sumbar dinilai baik.

Anugerah tersebut diserahkan oleh Presiden Joko Widodo kepada Gubernur Irwan Prayitno di sela penyerahan Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA) di Istana Negara Bogor, Rabu kemarin.

Pemerintah Provinsi Sumbar diberikan anugerah Dana Rakca karena penggelolaan keuangan yang baik, sehingga berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi daerah.

Pendapatan dan serapan keuangan daerah Sumbar dinilai sesuai target. Program ... Baca halaman selanjutnya