Ramai Pengunjung, Piom Fest Padang Indian Ocean Music Festival 2017 Diminati Turis Asing

"melihat sajian musik tradisi tersebut menjadi hal unik dan sangat baru dalam dunia pertunjukan baginya"
Mike Sprismen, salah satu bule asal Amerika Serikat yang menikmati Piom Fest Padang Indian Ocean Music Festival 2017 (KLIKPOSITIF/Cecep Jambak)

PADANG, KLIKPOSITIF - Piom Fest Padang Indian Ocean Music Festival 2017, di hari kedua, Sabtu 9 Desember, ternyata tak hanya ditonton oleh pengunjung lokal.

Dari pantauan KLIKPOSITIF, di tempat penonton yang digelar lesehan di depan panggung, ada belasan bule mancanegara yang dengan serius menikmati berbagai pertunjukan musik.

Salah satunya, Mike Sprismen yang datang bersama tiga orang rekannya. Bule asal Amerika Serikat ini mengaku, bahwa melihat sajian musik tradisi tersebut menjadi hal unik dan sangat baru dalam dunia pertunjukan baginya.

"Unik, ini pengalaman baru saya. Baru pertama melihat perpaduan banyak musik dari daerah. Saya sangat memuji ini. Ada dari Medan yang juga menggunakan selendang batik khas daerahnya," ungkap Mike Sprismen, yang menyebut sudah dua minggu di Indonesia.

Dia merasa, musik yang merupakan warisan nenek moyang tersebut, dapat berkompetisi dan bersaing di tingkat dunia internasional. Dia yakin apa yang dilihatnya merupakan modal besar musik di Indonesia. "Ini akan mampu bersaing," tukasnya.

Dia menyebut, iven tersebut sangat penting untuk ditonton, serta harus terus dilestarikan dan berlanjut di tahun-tahun berikutnya.

"Tempat lain tidak ada yang seperti ini, menyajikan musik tradisi. Ini adalah hal paling menarik yang pernah saya alami selama dua minggu di Indonesia," ungkapnya.

[Cecep Jambak]