Mural Siaga Banjir Jadi Tempat Swafoto Favorit di Lokasi Car Free Day

"Sosialisasi budaya sadar bencana perlu dilakukan dengan cara-cara yang menarik, edukatif dan menghibur "
Mural siaga banjir di lokasi car free day (BNPB)

KLIKPOSITIF -- Ada yang berbeda pada pelaksanaan Car Free Day Jalan Sudirman Jakarta Pusat, Minggu 10 Desember 2017. Pada kali ini, ada mural siaga banjir yang ditempatkan di badan jalan.

Mural tiga dimensi ini sangat menarik, karena ketika seseorang berada di atasnya, seolah-olah sedang berada di lokasi banjir.

Memang, mural karya seniman profesional ini terasa lebih hidup, dengan aksen tiga dimensi yang sangat mendalam. Dalam mural itu dilukis kondisi jalan yang rusak dan berlubang serta dipenuhi air yang berwarna kuning kecokelatan, seperti air yang bercampur lumpur. Satu mobil yang terendam dalam mural itu membuat orang yang melihatnya bisa memperkirakan kedalaman banjir.

Uniknya mural tiga dimensi ini membuat tempat tersebut menjadi lokasi swafoto atau selfie oleh pengunjung. Mereka bergaya seperti terperangkap dalam banjir.

"Ondel-ondel saja ikut selfie foto 3D di car free day. Mosok kamu nggak sih?" seloroh Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, yang ditulis dalam akun twitter-nya.

Menurut Sutopo, sosialisasi budaya sadar bencana perlu dilakukan dengan cara-cara yang menarik, edukatif dan menghibur masyarakat. (*)