Ini Aktivitas Gunung Agung dari Siang Hingga Menginjak Malam

"Tercatat 10 kali hembusan dengan amplitudo 6-25 mili meter"
Hembusan Gunung Agung (PVMBG)

KLIKPOSITIF -- Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat, semenjak siang hingga menjelang maghrib, mulai dari pukul 12.00 WITA hingga pukul 18.00 WITA pada Senin 11 Desember 2017 ini, telah terjadi 10 kali gempa hembusan di Gunung Agung.

Gempa hembusan itu tercatat ber-amplitudo 6 hingga 25 mili meter dengan durasi 45 hingga 90 detik. Kegempaan low frekuensi juga tercatat sebanyak 4 kali dengan amplitudo 8 hingga 15 mili meter dengan durasi 40 sampai 60 detik.

Tak hanya itu, gempa tremor di Gunung Agung juga tercatat secara terus menerus dengan amplitudo 1 sampai 2 mili meter. Namun secara dominan gempa tremor ini ber-amplitudo 1 mili meter.

Saat ini, Gunung Agung yang terletak di Kabupaten Karangasem Provinsi Bali masih berstatus Awas (level IV). 

PVMBG merekomendasikan, masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki/pengunjung atau wisatawan agar tidak berada dan tidak melakukan pendakian serta tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya yaitu di dalam area kawah Gunung Agung dan di seluruh area di dalam radius 8 kilometer dari Kawah Gunung Agung dan ditambah perluasan sektoral ke arah Utara-Timurlaut dan Tenggara-Selatan-Baratdaya sejauh 10 kilometer dari Kawah Gunung Agung.

PVMBG menyebut, Zona Perkiraan Bahaya ini sifatnya dinamis dan terus dievaluasi serta dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual/terbaru. (*)