Pemkab Pessel Imbau Masyarakat Waspada Difteri

"Jika terlihat dampak mencurigakan pada kesehatan segera lapor ke unit kesehatan terdekat"
ilustrasi difteri (istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan-Sumatera Barat mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran dan penularan kasus difteri di daerah itu. Jika terlihat dampak mencurigakan pada kesehatan segera lapor ke unit kesehatan terdekat.

"Apabila ada keluhan yang mencurigakan itu, silakan datangi Dinkes atau pelayanan kesehatan terdekat," sebut Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Selatan, Syahrizal Antoni pada KLIKPOSITIF, Selasa 12 Desember 2017.

Dia menjelaskan, salah satu pencegahan yang bisa dilakukan masyarakat adalah dengan memperhatikan tingkat ketahanan daya tahan tubuh. Selain itu, masyarakat juga harus tetap menjaga lingkungan tetap bersih guna meminimalisir terjangkit difteri.

"Salah satu cara yang paling ampuh adalah menjaga daya tahan tubuh. Kemudian, lingkungan harus diupayakan selalu bersih," jelasnya.

Menurutnya, selain meningkatkan pencegahan difteri dari sisi kesehatan, masyarakat diminta untuk lebih menggalakkan imunisasi. Sejauh ini, Dinas Kesehatan belum mencatat adanya kasus difteri yang ditangani di daerah itu.

"Kita belum menerima kasus itu, baik yang terindikasi maupun yang sedang ditangani," pungkasnya.

[Kiki Julnasri Priatama]