Hasil Tangkap Ikan Karang di Pariaman Terkendala Peralatan, Apa Respon DPRD Sumbar ?

"Itu karena perahu yang digunakan hanya dengan mesin longtail berkekuatan 5 PK. Sangat riskan kalau dibawa ke tengah lau"
ilustrasi (net)

PARIAMAN, KLIKPOSITIF -- Diskusi reses DPRD Sumbar dapil 2, di Pariaman Kota, Kadis Perikanan, Kota Pariaman, Dasril mengutarakan, Pariaman yang menjadi tujuan wisata kuliner ikan laut, membutuhkan pasokan ikan karang yang banyak, sementara kebutuhan tersebut hanya diperoleh dari nelayan yang menggunakan alat tangkap pancing.

Ia mengungkapkan persoalan utama nelayan saat ini dalam meningkatkan hasil tangkap adalah fasilitas yang digunakan untuk dapat menempuh tujuan menuju lokasi ikan karang, sehingga hasil tangkapan tidak maksimal.

"Itu karena perahu yang digunakan hanya dengan mesin longtail berkekuatan 5 PK. Sangat riskan kalau dibawa ke tengah lau. Rumpon tempat ikan karang biasanya bersarang antara 7 hingga 9 mil. Jarak tempuh 5 PK hanya sampai 5 mil. Kalau dipaksa bahaya," ungkapnya, Selasa 12 Desember 2017.

Untuk itu dia berharap, melalui aspirasi yang disampaikan ke DPRD dapat memberikan solusi. "Saat ini ada 1.242 nelayan tangkap. Rata rata mereka mencari ikan karang. Makanya butuh mesin 15 PK," ungkapnya.

Saat ini bantuan yang 5 PK tersebut memang sudah difasilitasi oleh dinas provinsi, namun tidak terpakai maksimal oleh nelayan.

"Kalau 15 PK kan siap tempur. Ke tengah lancar, pulang kalau ada badai pun lancar. Dengan mencari ikan dasar, jika nelayan mendapatkan dua hingga tiga boks, sudah mendapatkan uang dua hingga tiga juta," tuturnya.

Selain persoalan mesin perahu, dinas perikanan juga berharap adanya pos penjagaan di kawasan Pariaman. Hal itu dibutuhkan untuk mempercepat pelaporan jika ada oknum yang melakukan pencurian ikan.

"Dari Tapan sampai ke Air bangis itu cuma ada satu pos. Kalau bisa di sini juga ada pos. Sehingga ada pencurian agar murah dilaporkan," harapnya.

Ketua rombongan reses, Nurnas mengatakan, aspirasi yang disampaikan dari Dinas Perikanan akan ditampung sebagai catatan, sehingga akan dibawa ke dinas provinsi untuk mencarikan jalan ... Baca halaman selanjutnya