RSUD Sadikin Pariaman Kekurangan Dokter Spesialis

"Saat ini untuk menutupi kebutuhan rumah sakit, masih dibantu oleh tenaga kontrak"
Ilustrasi (Net)

PARIAMAN, KLIKPOSITIF -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sadikin Kota Pariaman, masih kekurangan dokter spesialis dan sub spesialis.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur RSUD Sadikin, dr Indria Velutina. Ia mengatakan, saat ini untuk menutupi kebutuhan rumah sakit, masih dibantu oleh tenaga kontrak.

"Untuk spesialis memang saat ini masih kurang. Kita masih dibantu dari tenaga spesialis dari luar, baik dari RSUP Dr M Djamil, maupun dari person dokter yang kita kontrak," katanya saat kunjungan reses anggota DPRD Sumbar dapil 2, Selasa 12 Desember 2017.

Ia menyebut di RSUD memiliki 4 dokter spesialis diantaranya anak, kebidanan, bedah, dan penyakit dalam.

"Yang kurang itu subs spesial. Yang ada subs spesialis hanya dokter kebidanan. Justru yang penting adalah subs spesialis anak dan penyakit dalam. Saat ini ada beberapa dokter yang menjalani pendidikan baik itu di sentral pendidikan maupun di M Djamil," ungkapnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pemberantasan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Pariaman, Hidayat mengatakan, mencari dokter spesialis tidak dapat didatangkan begitu saja.

Dengan penyampaian aspirasi pada DPRD ini diharapkan akan dapat mencari solusi yang baik, sehingga kebutuhan dokter di Pariaman juga terpenuhi.

"Yang paling Irjen saat ini penanganan penyakit dalam. Kalau bedah, ruang operasi juga belum ada, jadi belum terlalu dibutuhkan," ungkapnya.

Kemudian di sisi lain Ketua rombongan reses, Nurnas mengatakan, aspirasi terkait kemajuan rumah sakit memang menjadi dorongan yang akan disampaikan pada dinas kesehatan Sumbar.

Sebab, pengembangan rumah sakit juga harus didukung oleh SDM yang baik.

"Ini yang harus kita sampaikan ke dinas. Seluruh SDM harus disiapkan. Saya akan mendorong ini," tutur Nurnas.

Dalam reses itu juga diikuti beberapa orang anggota DPRD dapil 2 lainnya, diantaranya, JJ Dt. Gadang, Endarmy, Sitti Izzati Aziz, Komi Chaniago, ... Baca halaman selanjutnya