Indonesia Tegaskan Dukung Kemerdekaan Palestina

"Selain itu kedua Menlu juga membahas hasil pertemuan Menlu Liga Arab"
Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi dengan Menteri Luar Negeri Palestina, Riad Malki (Setkab)

INTERNASIONAL, KLIKPOSITIF -- Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi menegaskan bahwa pemerintah memberikan dukungan besar terhadap kemerdekaan Palestina.

Hal itu dikatakan Retno saat berjumpa dengan Menlu Palestina Riad Malki, di Amman, Yordania, Senin 11 Desember malam pukul 21:15 waktu setempat.

Pertemuan membahas berbagai isu terkait Yerusalem dan langkah perjuangan hak dan kemerdekaan Palestina.

Selain itu kedua Menlu juga membahas hasil pertemuan Menlu Liga Arab.

Selain pertemuan tersebut, keduanya juga membahas persiapan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerjasama Islam (OKI), yang akan dilaksanakan Rabu 13 Desember besok, di Istanbul, Turki.

Dalam pertemuan tersebut Retno secara tegas mendukung kemerdekaan Palestina. Dukungan tersebut datang dari rakyat dan pemerintah Indonesia.

"Kami sepakat untuk terus berkoordinasi dalam memperjuangkan hak dan kemerdekaan Palestina," kata Retno.

Sebelum bertemu dengan Menlu Palestina, Menlu Retno Marsudi telah bertemu dengan Menlu Yordania Ayman Safadi, di Kantor Kemenlu Yordania, Kota Amman, kemarin.

Pertemuan tersebut dilakukan untuk membahas persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Selepas bertemu dengan kedua mitranya itu, Menlu Retno Marsudi akan terbang langsung ke Istanbul, Turki, guna mendampingi Presiden Jokowi menghadiri KTT Luar Biasa OKI.

Pada pertemuan tersebut akan membahas tindakan Amerika Serikat mengakui kota Yerusalem sebagai ibukota negara Israel.

Presiden Jokowi sendiri didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi Widodo, Menko Polhukam Wiranto, dan Mensesneg Pratikno, telah bertolak ke Istanbul, Turki, melalui Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdana Kusuma, Jakarta.(*)