Dinas PUPR Mentawai Lakukan Penanggulangan Abrasi di Empat Kecamatan

"Tahun 2017 ada beberapa pantai yang harus diutamakan dibangun penanggulangan abrasi pantai, dan bukan berarti di wilayah lain yang terkena dampak abrasi tidak kita bangun, itu pasti akan dibangunn tapi itu bertahap, kita prioritaskan dulu yang parah"
ilustrasi (KLIKPOSITIF)

MENTAWAI, KLIKPOSITIF -- Meminimalisir terjadi abrasi pantai di Kepulauan Mentawai, Pemerintah Daerah setempat melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) tahun 2017 melakukan pembangunan penanggulangan abrasi pantai di empat Kecamatan.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air pada Dinas PUPR Mentawai Brandus Donatus beberapa waktu lalu.

"Tahun 2017 ada beberapa pantai yang harus diutamakan dibangun penanggulangan abrasi pantai, dan bukan berarti di wilayah lain yang terkena dampak abrasi tidak kita bangun, itu pasti akan dibangunn tapi itu bertahap, kita prioritaskan dulu yang parah" katanya.

Adapun lokasi pembangunan penanggulangan abrasi pantai yang dilakukan Dinas PUPR Mentawai yakni di Dusun Berkat Desa Sikakap Kecamatan Sikakap dengan nilai kontrak Rp2.239.740.000 dengan realisasi fisik sudah 100 persen, penanggulangan abrasi pantai di Desa Sioban Kecamatan Sipora Selatan nilai kontrak sebesar Rp1.746.980.000 dengan realisasi fisik 100 persen, di Desa Saibi Samukop Kecamatan Siberut Tengah dengan nilai kontrak Rp3.145.730.000 hingga saat ini masih dalam tahap pembangunan hingga berakhir 14 Desember dan pembangunan segmen C di Desa Maileppet Kecamatan Siberut Selatan dengan nilai kontrak Rp466.647.000 dengan masa pengerjaannya telah berakhir pada 9 Oktober lalu.

Brandus menuturkan, pembangunan penanggulangan abrasi pantai di empat Kecamatan selain melindungi kawasan pemukiman juga berfungsi melindungi fasilitas umum seperti jalan, rumah ibadah, pembangkit listrik, pemakaman umum dan perkebunan masyarakat.

Menurutnya, faktor yang menandai sekaligus menyebabkan ketidakseimbangan ekosistem yakni penebangan hutan manggrove dan penambangan pasir. Penambangan pasir pantai yang terjadi besar-besaran dengan mengeruk sebanyak mungkin pasir serta dalam intensitas yang juga tinggi dapat mengurangi volume pasir di lautan bahkan mengurasnya sedikit demi sedikit. Ini kemudian ... Baca halaman selanjutnya