Islam di Mentawai dan Jejak Buya Mas'oed Abidin di Desa Taileleu

"Orang pertama kali yang mensyiarkan Islam di Taileleui adalah, Buya Mas'oed Abidin, ulama dan penulis Indonesia asal Koto Gadang, Agam,"
Masjid Masnah Almuthoiri (Riki Suardi/KLIKPOSITIF)

20 tahun berlalu. Perkembangan Islam di Desa Taileleu, Siberut Barat Daya, Kepulauan Mentawai terus meningkat. Perkembangan tersebut tidak terlepas dari sosok ulama dan penulis Indonesia, Buya Mas’oed Abidin, yang pertama kali mensyiarkan Islam di Desa Taileleui pada 1997. Hingga kini, total populasi umat Islam di desa yang dihuni oleh 1300 KK itu, berjumlah sebanyak 78 KK. Sekitar dua pekan lalu, rombongan UPZ Baznas Semen Padang sengaja berkunjung ke desa tersebut untuk melihat perkembangan umat Islam di desa yang berada di pesisir barat Pulau Siberut itu.

Berikut laporannya.

"Cuaca agak mendung, mudah-mudahan di perjalanan tidak ada badai. Perjalanan kita cukup jauh," celetuk Ketua Harian UPZ Semen Padang, Muhammad Arif saat tiba di Dermaga Muara Siberut, Jumat (8/12/2017) sore sekitar pukul 15.00 WIB.

Ketua Da'i Kepulauan Mentawai, Iman Sulaiman yang cukup disegani masyarakat "Bumi Sikerei", tiba-tiba meneriaki salah seorang operator speed boat yang saat itu berada di tengah laut yang berjarak, sekitar 100 meter dari Dermaga Siberut untuk segera merapat ke dermaga.

Dengan sigap, operator speed boat itu langsung menarik tuas gas speed boat-nya. Perlahan-lahan, speed boat yang dikemudikan oleh pria yang disapa Uda itu pun merapat ke dermaga. Sauh pun diturunkan. Arif bersama rombongan langsung menaiki speed boat berukuran 1,2 x 8 meter.

Tidak beberapa lama kemudian, speed boat yang ditumpangi rombongan mulai menjauh dari dermaga dengan membelah birunya laut yang bergelombang. Kecepatan speed boat pun makin lama terus bertambah. Sesampai di mercusuar Muara Siberut, Uda pun mengarahkan speed boat yang dikemudikannya ke arah selatan Pulau Siberut.

Sekitar satu jam perjalanan ke arah selatan, cuaca yang tadinya mendung mulai menurunkan gerimis. Hanya beberapa menit kemudian, gerimis pun berubah jadi hujan lebat. Sebagian rombongan yang awalnya ... Baca halaman selanjutnya