Pejabat HAM PBB Sebut Kasus Rohingya di Myanmar Termasuk Genosida

"Penyelidik PBB telah mendengar kesaksian Rohingya tentang "pola pembunuhan, penyiksaan, pemerkosaan dan pembakaran yang konsisten dan metodis"."
Muslim Rohingya di Myanmar. (Reuters.)

KLIKPOSITIF - Seorang pejabat tinggi hak asasi manusia PBB mengatakan bahwa dia tidak akan terkejut jika sebuah pengadilan memutuskan bahwa tindakan yang telah dilakukan terhadap minoritas Muslim Rohingya di Myanmar termasuk ke dalam genosida.

Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia Zeid Ra'ad al-Hussein mengatakan kepada BBC bahwa serangan terhadap Rohingya telah "dipikirkan dengan baik dan direncanakan" dan dia telah meminta pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi untuk berbuat lebih banyak untuk menghentikan tindakan militer tersebut.

Zeid menyebut tindakan itu sebagai "contoh pembersihan etnis" dan ia bertanya secara retoris apakah ada yang bisa mengesampingkan "unsur genosida"? Namun ucapan terakhirnya ini membuat kasus ini jelas.

"Sangat sulit untuk ditetapkan karena ambang batasnya tinggi," katanya. "Tapi itu tidak mengejutkan saya di masa depan jika pengadilan membuat temuan seperti itu berdasarkan apa yang kita lihat."

Myanmar membantah melakukan kekejaman terhadap muslim Rohingya dan sebelumnya menolak kritik PBB atas "politisasi dan keberpihakannya". Militer Myanmar mengatakan tindakan keras tersebut adalah operasi kontra-pemberontakan yang sah.

Zeid mengatakan bahwa tanggapan Myanmar yang "sembrono" ini "bisa jadi fase pembuka dari sesuatu yang jauh lebih buruk". Dia mengatakan kepada BBC bahwa dia khawatir kelompok jihad dapat terbentuk di kamp-kamp pengungsian besar di Bangladesh dan bahkan melancarkan serangan di Myanmar, mungkin menargetkan kuil Buddha di sana.

Dia tidak mengatakan pengadilan mana yang bisa menuntut dugaan genosida. Myanmar bukan anggota Pengadilan Pidana Internasional, jadi rujukan ke pengadilan tersebut dapat dilakukan hanya oleh Dewan Keamanan PBB. Tapi sekutu Myanmar China bisa memveto rujukan semacam itu.

Perserikatan Bangsa-Bangsa mendefinisikan genosida sebagai tindakan yang dimaksudkan untuk menghancurkan kelompok ... Baca halaman selanjutnya