BPJS Kesehatan Padang Tawarkan Program Tabungan Sehat

"Saat ini program tersebut sudah dilaunching dan bisa dibuka di seluruh BNI Padang, kecuali di cabang Veteran"
BPJS Kesehatan cabang Padang saat gelar jumpa pers (KLIKPOSITIF/Cecep Jambak)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Menyambut awal tahun 2018, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan cabang Padang rancang program memudahkan peserta BPJS khusus yang menunggak.

Kepala Bidang Kolekting dan Keuangan BPJS Kesehatan cabang Padang, Mayrita, menyebut beberapa program yang telah dirancang diantaranya adalah penyediaan program Tabungan Sehat.

"Untuk program Tabungan Sehat, BPJS gandeng BNI. Tujuannya untuk mempermudah atau yang memfasilitasi peserta yang terkendala tunggakan iuran," ungkap Mayrita saat jumpa pers di Kota Padang, Selasa 19 Desember 2017.

Katanya, selama ini memang banyak para peserta yang kesulitan membayar tagihan yang tunggakannya telah membengkak. Untuk itu, dengan adanya Tabungan Sehat, maka peserta dapat menyicilnya hingga melunasi.

"Jika dalam program tunggakan sudah lunas, secara otomatis akan disetorkan langsung ke BPJS. Untuk setoran awal ada Rp100 ribu dan selanjutnya dapat diangsur sesuai kesanggupan," ujarnya.

Tambahnya, saat ini program tersebut sudah dilaunching dan bisa dibuka di seluruh BNI Padang, kecuali di cabang Veteran.

Selain Tabungan Sehat, untuk di Pulau Jawa, ada bentuk program Koperasi Nusantara, yang mana di dalam sistem kepengurusan dengan melibatkan kader.

"Yang mengurus adalah kader JKN. Peran mereka adalah mengantarkan surat tagihan. Kader mendatangi peserta, benarkah tidak peserta itu tidak mampu, atau kredibilitas peserta, maka bisa dialihkan ke koperasi Nusantara," ungkapnya.

"Apabila disetujui, maka setiap bulan akan dibayarkan ke BPJS dan peserta bisa dicicil ke koperasi. Saat ini baru pilot projek di Jawa 2018," tambahnya.

Kegiatan itu turut dihadiri, Kepala Bidang Jaminan Manfaat Rujukan, Delila Melati, Kepala Bidang SDMU & Komunikasi Publikasi, Ade Chandra, dan Kepala Bidang Kepesertaan & Pelayanan Peserta, Soni Malino.

[Cecep Jambak]